Pameran Food & Hotel Indonesia (FHI) hari ini dimulai. Pameran dilaksanakan pada 26 – 29 Juli 2022 di Jakarta International Expo (JIExpo) Kemayoran, Jakarta Pusat.
FHI edisi ke-16 di tahun ini mengajak para pelaku bisnis nasional untuk bersinergi secara global melalui pameran dagang internasional produk supply perhotelan (Hospitality) dan makanan & minuman (food & beverages atau F&B) terdepan di Indonesia.
Pameran dua tahunan yang sudah berjalan selama 28 tahun ini menjadi bukti komitmen jangka panjang dari PT Pamerindo Indonesia sebagai penyelenggara dalam mendukung akselerasi pertumbuhan industri perhotelan dan F&B yang berkelanjutan di Indonesia.
FHI menjadi pameran dagang internasional yang dapat meningkatkan akses pasar global dan mendorong pemulihan ekonomi nasional pasca pandemi. Industri F&B sendiri menjadi salah satu indutri yang tetap tumbuh di masa pandemi global Covid-19. Data tahun 2021 dari Badan Pusat Statistik menunjukan pertumbuhan Produk Domestik Bruto (PDB) industri ini mencapai 2,54% yang tercatat lebih baik dari tahun sebelumnya yang hanya mencatat pertumbuhan 1,58%.
Event Director FHI Juanita Soerakoesoemah mengungkapkan bahwa beragam perusahaan internasional yang bergabung dalam FHI 2022 memberikan kesempatan bagi pelaku bisnis perhotelan dan F&B nasional untuk dapat melakukan akselerasi pertumbuhan bisnis melalui pengembangan pasar secara global.
“FHI telah menjadi pelopor bagi perusahaan yang ingin memperluas jangkauan pasar global hingga melintasi perbatasan dunia melalui penyediaan akses jejaring ke produsen, supplier, dan distributor unggulan di bidang perhotelan dan F&B. FHI juga memberikan kesempatan bagi perusahaan internasional untuk dapat memasuki pasar perhotelan dan F&B Indonesia yang berkembang pesat dan menguntungkan,” ungkapnya.
FHI 2022 diselenggarakan bersama dengan ajang Hotelex Indonesia dan Speciality Food Indonesia serta turut bergabung Retail Indonesia. Pelaksanaan yang bersamaan menjadikan FHI kali ini sebagai pameran dagang produk supply perhotelan dan F&B terbesar di Indonesia.
Pagelaran ini memberikan akses global bagi customer ke lebih dari 140 perusahaan manufaktur, distributor, dan retail unggulan dari 12 negara peserta pameran.
“FHI 2022 diharapakan dapat mewadahi lebih banyak pelaku usaha industri perhotelan dan F&B untuk menjalin bisnis yang berkelanjutan,” tambah Juanita.
Pameran ini diikuti perusahaan-perusahaan besar dari penyedia produk supply F&B seperti Chefmate, Monin, Toffin, Dilmah, Bertolli, Anchor, Lamb Weston, Nestle, Tokusen Wagyu Beef, Skippy, Bacardi, Kin, Diamond, Greenfield dan masih banyak lagi. Selain itu, beragam perusahaan produk supply perhotelan dan perlengkapannya juga telah tercatat sebagai exhibitor seperti King Koil, Spring Air, Lady Americana, GEA Getra, Nayati, Sango Hospitality, Modena, Saint James, Vivere, Zen Porcelain, Moka POS, Riedel, Unilever, Maspion dan lain sebagainya.
Juanita menjelaskan bahwa FHI tetap menghadirkan program Business Matching agar para customer dapat melakukan pertemuan dan menjalin hubungan bisnis dengan perusahaan peserta pameran secara private. Program ini dapat memfasilitasi customer menciptakan jejaring bisnis sambil berkesempatan untuk belajar dari para professionals dan pemain terbaik di industri ini.
Dalam pameran kali ini, FHI juga menghadirkan acara menarik seperti Culinary Talks (Cooking Masterclass, Food Talks, and Food & Beyond) oleh Associations of Culinary Professional (ACP); Indonesia Coffee Event oleh Specialty Coffee Association of Indonesia (SCAI) yang akan menggelar Indonesia Barista Championship dan Indonesia Brewing Cup Championship untuk mencari wakil Indonesia berkompetisi di ajang World Coffee Event; Wine Masterclass & Training oleh Indonesia Sommelier Association (ISA) chapter Jakarta; Pastry and Baking Challenge oleh Indonesia Pastry Alliance (IPA); dan Gelato Workshop & Class oleh Espresso Italia.
Selain beragam acara dan kompetisi bidang F&B, FHI 2022 turut mendukung promosi produk F&B lokal salah satunya kopi. SCAI menghadirkan Coffee Village yang memberikan pengalaman bagi pengunjung FHI dan penonton kompetisi untuk dapat mencicipi langsung hasil racikan kopi dari para peserta.