PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) bersama Viamo Indonesia (Viamo) dan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) melalui Direktorat Jenderal Kesehatan Masyarakat berkolaborasi meluncurkan layanan Tanya321.
Ada layanan ini, masyarakat bisa mengakses informasi resmi mengenai kesehatan selama 24 jam sehari dari pemerintah dan organisasi internasional terkait, lewat aplikasi WhatsApp.
Chief Corporate Affairs XL Axiata Marwan O Baasir menyampaikan, kolaborasi ini merupakan wujud nyata upaya XL Axiata mendukung gerakan inovasi dari penyediaan informasi secara digital yang inklusif dan dapat secara mudah diakses pelanggan melalui aplikasi WhatsApp.
“Penyebaran informasi resmi dari pemerintah dapat juga difasilitasi dengan layanan ini, sehingga masyarakat dapat mengakses informasi umum resmi pemerintah tanpa harus mengunduh aplikasi tambahan,” kata Marwan O Baasir saat peluncuran layanan Tanya321 secara daring, Jumat (26/8/2022).
Pemilihan aplikasi WhatsApp sebagai wadah dari penyebaran informasi menurutnya juga sangat relevan, karena di Indonesia tercatat ada lebih dari 80 juta pengguna WhatsApp di tahun 2021 (sumber: Statista, 2021).
“Masyarakat cukup menghubungi Tanya321 lewat WhatsApp di nomor 081908192321,” sambung Marwan O Baasir.
Melalui fasilitas Tanya321 ini, Kemenkes memberikan layanan informasi kesehatan secara resmi. Tak hanya informasi Covid-19 dan vaksin, masyarakat juga dapat mengakses informasi kesehatan ibu dan anak, gerakan masyarakat hidup sehat (Germas) dan pola hidup sehat, kesehatan mental, serta edukasi penyakit lainnya.
“Kerja sama ini merupakan bentuk langkah lanjutan untuk memberikan informasi penting yang dibutuhkan bagi masyarakat. Kami menghadirkan Tanya321, WhatsApp chatbot yang berisi informasi vital yang dapat membantu masyarakat melindungi diri dan keluarganya, bagaimana mencegah penyakit stunting, dan melawan penyakit lain seperti Covid-19 dan sebagainya,” beber Country Director Viamo Indonesia Patrick M Compau.
Sementara Direktur Jenderal Kesehatan Kementerian Kesehatan Maria Endang Sumiwi mengatakan, peluncuran layanan Tanya321 ini searah dengan transformasi layanan primer yang sedang dijalankan oleh Kementerian Kesehatan.
“Layanan Tanya321 hadir sebagai salah satu bentuk usaha melawan misinformasi dan hoaks dengan menghadirkan informasi resmi seperti informasi kesehatan dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes),” jelas Maria Endang Sumiwi.
Lebih dari 430.000 penelpon telah mengakses layanan ini dan mendengarkan lebih dari 280.000 pesan penting yang dapat meningkatkan taraf hidup masyarakat.
Diketahui kerjasama ini merupakan lanjutan dari program kolaborasi pada Mei 2020 silam dengan meluncurkan layanan hotline 321 di mana seluruh pelanggan XL Axiata dapat mengakses berbagai rangkaian berita harian dan informasi penting seperti kesehatan, pertanian, cuaca, dan banyak informasi lainnya dari semua tipe ponsel apapun, termasuk ponsel sederhana.