PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) mencatat layanan streaming mendominasi lonjakan kenaikan trafik data selama periode libur Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 (Nataru).
Direktur & Chief Teknologi Officer XL Axiata, I Gede Darmayusa, mengatakan puncak kenaikan trafik data terjadi pada malam tahun baru 2023 yang mencapai 50 persen dibandingkan kondisi hari normal.
Menurutnya berdasarkan monitoring pada 24 Desember 2022 hingga 2 Januari 2023, rata-rata trafik data pada periode Nataru meningkat sebesar 8 persen dibandingkan hari . Adapun, jika dibandingkan periode Nataru sebelumnya terjadi kenaikan 29 persen.
“Seperti yang telah diprediksi, layanan streaming mendominasi lonjakan kenaikan trafik layanan,” ujar I Gede Darmayusa, di Jakarta, Selasa (3/01/2023).
Gede memerinci, dari keseluruhan trafik layanan data selama periode Nataru, didominasi oleh trafik dari aktivitas streaming, disusul File access, Game serta web browsing.
Untuk trafik layanan streaming, mengalami peningkatan sebesar 25 persen dibandingkan trafik pada hari , sedangkan trafik game meningkat sebesar 35 persen dan web browsing naik 30 persen.
“Khusus sejumlah platform media sosial populer, trafik Facebook meningkat sebesar 9 persen dari hari , Twitter 6 persen, Instagram 19 persen,” terangnya.
Di sisi lain, pada layanan berbagi video, diungkapkan Gede, trafik pada YouTube meningkat 24 persen dan Tiktok 22 persen. Pada layanan penyampai pesan, trafik WhatsApp naik 39 persen dan Telegram 737 persen.
Selanjutnya, untuk trafik streaming musik, layanan Spotify naik 3 persen, Joox naik 2 persen. Untuk gim, trafik tertinggi ada pada Mobile Legends sebesar 35 persen dari hari , lalu Free Fire naik 78 persen.
Pada layanan streaming film, trafik Netflix naik 70 persen dibandingkan hari , Disney+ 36 persen, Vidio 5 persen, WeTV 55 persen, dan Amazon Prime Video 61 persen.
Pada layanan streaming film, trafik Netflix naik 70 persen dibandingkan hari , Disney+ 36 persen, Vidio 5 persen, WeTV 55 persen, dan Amazon Prime Video 61 persen.
“Seperti biasanya selama masa libur panjang, trafik layanan peta juga meningkat, yakni Google Maps meningkat sebesar 42 persen, Waze GPS meningkat sebesar 40 persen dan Apple Map sebesar 21 persen,” ungkapnya.
Ditambahkan Gede, untuk trafik layanan legacy, yaitu percakapan (voice) hanya mengalami kenaikan sebesar 2 persen dan SMS sebesar 5 persen dibandingkan hari biasa.
“XL Axiata juga terus meningkatkan cakupan layanan dan kualitas jaringan data. Pembangunan untuk perluasan dan peningkatan kualitas infrastruktur jaringan, baik penambahan BTS 4G dan juga fiberisasi terus dilakukan di berbagai wilayah di Indonesia,” kata Gede.
Tercatat hingga saat ini, jaringan 4G XL Axiata telah melayani lebih dari 57 juta pelanggan dengan jangkauan layanan di lebih dari 61 ribu desa/kelurahan, 5.700 kecamatan, dan 469 kabupaten di 34 provinsi Indonesia, dengan didukung lebih dari 145 ribu BTS termasuk lebih dari 90 ribu BTS 4G, serta jaringan tulang punggung fiber optik yang membentang sepanjang lebih dari 130 ribu km, menopang jaringan data yang tersebar di Kepulauan Indonesia yang sangat luas.