Pameran industri olahraga terbesar di dunia, SPORTEL pertama kalinya memilih Bali-Indonesia, sebagai tuan rumah SPORTEL Asia.
Pameran tersebut digelar di Asia setelah kurang lebih empat tahun absen. SPORTEL Asia akan diselenggarakan di Grand Hyatt Nusa Dua, Bali, selama dua hari, mulai dari tanggal 23 hingga 24 Februari 2023.
Direktur Utama PT Indonusa Telemedia, Peter F. Gontha yang ditunjuk sebagai mitra International SPORTEL Monaco mengatakan, Asia dinilai memiliki pasar olahraga yang berpotensi besar.
“Pertama, Asia, khususnya Indonesia, merupakan pangsa pasar potensial terbesar untuk berbagai tayangan olahraga kelas dunia. Hal ini dibuktikan besarnya jumlah penduduk Indonesia yang dibarengi dengan tingginya minat masyarakat untuk menyaksikan tayangan olahraga, terutama sepak bola,” kata Peter F. Gontha di Jakarta.
“SPORTEL yang berkedudukan di Monaco memilih Bali, Indonesia, sebagai tuan rumah SPORTEL Asia. Kami berharap pergelaran event SPORTEL Bali ini dapat mendatangkan banyak pengusaha penyiaran dan penyelenggara olahraga dari Indonesia maupun luar negeri,” lanjutnya.
Selain menjadi pameran dan tempat pertemuan olahraga bertaraf internasional, SPORTEL menawarkan kesempatan kepada pengunjung untuk terhubung kembali dan menjalankan bisnisnya dengan para pemimpin bisnis olahraga utama dari pasar Asia-Pacific (APAC).
Data menunjukkan, pasar APAC berkembang pesat dengan total pendapatan OTT sebesar US$ 49,2 miliar pada tahun 2022 dan pendapatan media olahraganya diprediksi akan terus tumbuh sebesar 6% dalam kurun waktu lima tahun ke depan.
SPORTEL Bali sendiri memiliki rangkaian acara yang terdiri dari pameran Sports Content Producer bersama Warner Sports, ESPN, La Liga, IMG hingga Dentsu, talkshow, panel diskusi, serta pertemuan antara pemilik konten olahraga dunia dengan operator televisi tradisional maupun televisi digital yang berada di Asia.
Selain itu, Sportel Bali juga akan menghadirkan sport celebrities international untuk meramaikan event ini. Para sport celebrities ini akan mengisi berbagai acara serta acara meet & greet dan special dinner dengan para penggemar yang diharapkan datang dari berbagai daerah bukan hanya di Indonesia tapi juga kawasan Asia Tenggara dan Asia umumnya.
SPORTEL juga telah mempersiapkan rangkaian program spesial yang dirancang untuk meningkatkan visibilitas dari banyaknya pilihan pameran dan sponsor yang akan tersedia. Tata lokasi dari booth yang tersedia juga telah diatur dan disesuaikan dalam satu ballroom yang luas untuk memaksimalkan lalu lintas serta jaringan dan peluang bisnis yang akan terjadi.
Adapun jumlah peserta kehadiran, yakni 54% peserta berasal dari wilayah Asia, 37% pembeli konten, dan 30% perusahaan yang hadir untuk pertama kalinya.
Berbagai perusahaan besar asal Eropa dan Amerika juga turut hadir untuk mengembangkan peluang bisnis baru, jaringan dan membuat kesepakatan dalam acara ini. Perusahaan tersebut meliputi Bundesliga, Dorna Sports, FIFA, Formula E, Komite Olimpiade Internasional, LaLiga, Seri A, NBA, Spanish Basketball League, Mediapro, PGA Tour, dan masih banyak lagi.