
Setelah sukses di Balikpapan, Tourism Malaysia hari ini melanjutkan rangkaian program sales mission ke Indonesia. Jakarta menjadi kota besar kedua program yang dikunjungi dalam rangkaian tiga kota mulai 30 Juli hingga 4 Agustus 2023.
Sales Mission Tourism Malaysia dimulai mempertemukan delegasi dengan para pegiat industri di Balikpapan sebelum delegasi Malaysia berangkat ke Jakarta dan dilanjutkan dengan pertemuan dengan para pegiat industri di Medan.
Delegasi Malaysia ke Jakarta dipimpin oleh Deputy Director International Promotion Division untuk kawasan ASEAN, Bapak Muhammad Zaki Talib, dan diikuti sekitar 30 sellers, yaitu agen perjalanan dari Malaysian Association of Travel and Tourism Agents (MATTA). Turut hadir juga dalam misi kali ini perwakilan dari badan pariwisata Negeri, Malaysia Healthcare Travel Council dan maskapai-maskapai seperti Malaysia Airlines, Batik Air, dan Air Asia.
Program sales mission ke Indonesia tahun ini bertujuan untuk meningkatkan promosi produk dan paket wisata terbaru dengan mempertemukan para pelaku industri pariwisata Malaysia dan Indonesia dalam satu sesi business -to-business (B2B).
Dalam sambutannya mewakili Dirjen Tourism Malaysia, Dato’ Dr Ammar Abd Ghapar, Direktur Tourism Malaysia Jakarta Junus Suhid menyampaikan bahwa Indonesia akan selalu menjadi salah satu pasar penting bagi sektor pariwisata di Malaysia, sehingga diharapkan aksesibilitas dan kapasitas penerbangan antar kedua negara dapat ditingkatkan.
Junus menambahkan bahwa Sales Mission sangat penting untuk menggiatkan kembali promosi pariwisata setelah era Covid-19. Selain itu, program seperti ini juga sangat efektif untuk menginformasikan kepada masyarakat Indonesia, khususnya travel agent tentang perkembangan terbaru pariwisata Malaysia.
“Tahun 2022, Malaysia mencatat kedatangan 1,481 juta wisatawan dari Indonesia. Angka tersebut merupakan yang tertinggi kedua setelah Singapura. Posisi tersebut terlihat konsisten dengan kedatangan 704.147 wisman Indonesia yang tercatat pada periode Januari-Maret tahun ini,” kata Junus, dalam acara yang digelar di Jakarta, Rabu (2/8).
Lebih lanjut Yunus mengatakan Kementerian Pariwisata Malaysia menargetkan jumlah wisatawan Indonesia ke Malaysia pada tahun 2023 ini mencapai 2,68 juta wisatawan.
“Ini yang ditargetkan Kementerian Pariwisata Malaysia kepada kami,” kata Yunus.
Sales mission ke Jakarta kali ini juga sekaligus sebagai momen dilakukan promosi event MotoGP Sepang 2023. MotoGP Sepang akan digelar mulai Jumat 10 November 2023 hingga 12 November 2023.
Sebelumnya penggemar akan menyaksikan Race MotoGP di Sirkuit Chang Thailand pada Minggu 29 Oktober 2023.
Dalam sales mission kali ini, digelar juga misi penjualan paket-paket perjalanan untuk menyaksikan aksi motorsport di Sepang International Circuit (SIC). Di mana target wisatawan Indonesia yang datang menonton event ini sebanyak 11 ribu orang.