Pameran produk kecantikan beserta turunannya berlabel Jakarta X Beauty resmi digelar pada 3-6 Agustus 2023 di JCC, Senayan, Jakarta.
Menparekraf/Kabaparekraf Sandiaga
Uno mengapresiasi penyelenggaraan Jakarta X Beauty yang kembali digelar Female Daily dalam rangka mendorong daya beli produk lokal khususnya industri kecantikan.
“Jakarta X Beauty ini tampil di 2023 dengan penuh semangat baru. Karena tahun lalu masih pandemi. Tahun ini kita ekspektasinya 120 ribu pengunjung. Dan dari jam 8 pagi masyarakat sudah antre. Dan ini baru saja dibuka jam 10 sudah diserbu,” kata Menparekraf Sandiaga usai membuka Jakarta X Beauty, di Jakarta Convention Center, Kamis (3/8/2023).
Menparekraf Sandiaga mengaku senang dengan kehadiran Jakarta X Beauty yang memperlihatkan betapa banyak pelaku usaha kecantikan lokal yang menghadirkan ragam produk berkualitas dan tidak kalah dengan produk luar negeri. Begitupun dengan animo masyarakat yang sangat besar terhadap produk kecantikan lokal.
“Dan menurut saya inilah gerakan dari ekonomi kreatif kita terutama dari konsumsi yang sangat membuka peluang usaha dan lapangan kerja,”ujar Sandiaga.
Tercatat total transaksi kegiatan tahunan Female Daily 2022 yang diselenggarakan di tiga kota yaitu Jakarta, Medan, dan Surabaya nilainya berhasil mencapai lebih dari Rp150 miliar.
Sementara di tahun 2023, Female Daily mengadakan event beauty ini tidak hanya di Jakarta tapi juga di kota-kota besar lainnya seperti Surabaya, Yogyakarta, Makassar, Medan, Bandung, dan ditutup dengan Jakarta X Beauty yang kedua pada Desember 2023.
Diperkirakan pertumbuhan dari sisi pengunjung, transaksi, dan juga brand yang berpartisipasi akan naik lebih dari 3 hingga 5 kali lipat dibandingkan tahun 2022. Hal ini menunjukkan komitmen yang terjalin dengan baik dari beauty enthusiasts maupun beauty brands.
“Total transaksi event ini pada 2022 adalah Rp150 miliar. Saya barharap tahun ini naik dua kali lipat jadi Rp300 miliar. Karena acara ini berlangsung empat hari dengan proyeksi 120 ribu kunjungan. Jadi kalau misalnya kita bisa spending-nya itu bisa 2-3 juta/pax di kali 120 ribu pengunjung itu bisa Rp300 miliar-Rp350 miliar. Ini harapannya. Jadi harus pada rojali (rombongan jadi beli) ya,” kata Sandiaga.
“Dan saya berharap masyarakat Jakarta dan sekitarnya ayo datang ke JCC. Wajib datang. Apalagi yang mau glowing, yang mau sekalian healing, beauty vibing datang ke sini karena all set shine and slay,” ujar Sandiaga.
Jakarta X Beauty mengangkat tema utama “Beauty Recharged” menghadirkan lebih dari 250 brand kecantikan.
Jakarta X Beauty juga akan memberikan pengalaman seru bagi semua yang terlibat. Pengunjung bisa bertemu dan berinteraksi langsung dengan banyak publik figur, influencer dan para pelaku industri di bidang kecantikan.
Salah satu public figure yang menarik perhatian adalah Aldy Taher yang hadir untuk menghibur para pengunjung. Aldy juga berkesempatan menyapa Menparekraf Sandiaga Uno yang kemudian menyanyikan lagi “Yellow” milik Coldplay.
“Look at the star, look how the shine for you. I love you Jakarta x Beauty. I love you Pak Sandi. Saya merasa terhormat sebagai Christ Martin Indonesia yang dikukuhkan oleh Pak Sandi, Coldplay kearifan lokal, bisa hadir di Grand Launching Jakarta X Beauty today,” kata Sandiaga sembari tersenyum.