Pameran teknologi informasi dan komunikasi terbesar di Indonesia, Indocomtech kembali akan digelar oleh Yayasan Apkomindo Indonesia (YAI) bekerja sama dengan Satue Event pada 25- 29 Oktober di ICE BSD City, Tangerang.
Menempati area seluas 5000 m2 di hall 7, sebanyak 120 exhibitor dari 18 kategori siap menampilkan teknologi informasi teranyar dan tentunya harga yang spesial.
Produk yang disuguhkan meliputi IT & Smart Technology yang menawarkan produk teknologi sehari-hari seperti smartphone, laptop dan smart device; Commerce Solution teknologi untuk menunjang kegiatan bisnis.
Adapula Life Style yang mendukung kegiatan berhobi seperti gaming dan video on demand, Home Appliance; hingga Transportation Technology menampilkan diantaranya sepeda listrik dan mobil listrik.
Bertemakan “AI’m Existing”, gelaran yang memasuki usia 29 tahun ini memberikan inspirasi kepada masyarakat untuk senantiasa menjadi bagian dari solusi atas kemajuan teknologi yang berkembang demikian pesat dan dinamis, menembus ruang batas dan dimensi waktu.
Perkembangan teknologi AI (Artificial Intelligence) alias Kecerdasan buatan terus mengalami peningkatan yang pesat. Dengan nilai investasi hingga US$7 Miliar, teknologi ini diprediksi bertumbuh di Indonesia sebesar 27% pada 2027.
“Indocomtech kali ini, kami ingin mengajak masyarakat untuk lebih aware terhadap kemajuan teknologi AI, dan jeli melihat peluang yang bisa diperoleh dengan kecanggihan teknologi yang masif berkembang,”ujar Hidayat Tjorodjojo, Ketua Umum Yayasan Apkomindo Hidayat Tjokrodjojo.
Lebih lanjut Hidayat Tjokrodjojo mengatakan, pesatnya teknologi AI menjadi salah satu concern pada penyelenggaran Indocomtech 2023.
Dia berharap masyarakat dapat beradaptasi dalam menghadapi gencarnya gempuran teknologi AI yang memiliki risiko terhadap hilangnya pekerjaan manusia di masa mendatang.
Yayasan Asosiasi Pengusaha Komputer Indonesia (Apkomindo) Indonesia bersama dengan PT Satu Tujuan Event (Satue Event) siap menghadirkan deretan brand teknologi informasi terkemuka.
Bukan hanya menampilkan produk terbaru,sekaligus juga ajang saling memikat pengunjung dengan aneka promo menarik seperti big deals dan clearance sale yang kerap menjadi incaran.
Indocomtech semakin semarak dengan hadirnya berbagai program dan acara yang menarik, seperti workshop, talkshow, peluncuran produk baru, acara awarding hingga robotic expo & playground.
Ada juga berbagai kompetisi yang dapat diikuti seperti games competition, cosplay competition.
Indocomtech turut mendukung talenta anak-anak Indonesia dalam bidang teknologi melalui KRON alias Kontes Robot Nusantara yang diikuti oleh anak SD hingga SMA dari 3 negara yakni Indonesia, Malaysia dan Thailand.
Beberapa kontes yang dilombakan antara lain adalah brick speed, coding mission, drone mission dan animasi. Lomba ini akan dihadiri lebih dari 700 peserta serta 1.500 guru atau pendamping siswa.
Event lomba ini menjadi penting dan relevan untuk anak anak sebagai media mengasah kemampuan sejak dini di bidang sains robotic, melatih kerjasama team, percaya diri dan melatih logic thinking anak.
Tantangan ke depan, anak harus memiliki kreativitas dan kemampuan teknologi, menjadi problem solver serta media melatih entrepreneurship berbasis technology (Technopreneur).
Indocomtech juga menghadirkan Fever Fest sebagai program pendukung yang berbasis dari komunitas penyuka pop-culture Jepang dan budaya Jepang.
Fever Fest merupakan acara puncak dari beberapa rangkaian event cosplay fever time yang telah diselenggarakan sebelumnya di Jakarta dan Bekasi. Menghadirkan beragam acara yang mencakup Talkshow, Cosplay Competition, Fighting Game Match, & Guest Star Performance.
Event ini akan mengisi weekend di Indocomtech yang akan dihadiri oleh 10.000 peserta dari komunitasnya.
Direktur Satue Event, Bambang Setiawan mengatakan, Indocomtech 2023 hadir dengan beragam acara menarik dan berbeda dibanding tahun sebelumnya. Paska pandemi diakui Bambang Setiawan memang memberikan kegairahan tersendiri bagi komunitas-komunitas kreatif untuk tampil eksis.
“Kami berikan tempat dan kesempatan kepada mereka untuk berkreasi. Dengan melibatkan banyak komunitas, kami optimis bisa menarik perhatian lebih besar dari tahun sebelumnya yaitu sebanyak 80.000 pengunjung. Tentunya juga bisa berbanding lurus dengan nilai transaksi yang lebih besar,” tandas Bambang Setiawan.
Indocomtech 2023 terbuka untuk masyarakat umum. Bagi pengunjung yang ingin mengikuti keseruannya dapat membeli tiket yang dibanderol seharga Rp35.000.
Info selengkapnya di Instagramhttps://www.instagram.com/in docomtech/