• Login
Event Guide
No Result
View All Result
  • Home
  • News
    • All
    • Entertainment & Lifestyle
    • MICE
    • Special Event Jakarta Fair
    • Worldwide
    Paramount Petals Kembali Hadirkan ‘Petals Urban Market’

    Paramount Petals Kembali Hadirkan ‘Petals Urban Market’

    World of Coffee Jakarta 2025, Sedot Antusiasme Pelaku Industri dan Penikmat Kopi

    World of Coffee Jakarta 2025, Sedot Antusiasme Pelaku Industri dan Penikmat Kopi

    World of Coffee 2025 Dibuka, Pertegas Peran Penting Indonesia dalam Rantai Pasok Kopi Global

    World of Coffee 2025 Dibuka, Pertegas Peran Penting Indonesia dalam Rantai Pasok Kopi Global

    IPA Convex Soroti Peran Strategis Industri Migas

    IPA Convex Soroti Peran Strategis Industri Migas

    Agrimat 2025, Pameran Terlengkap di Jateng Hubungkan Inovasi Pertanian, Rantai Dingin, dan Industri Makanan

    Agrimat 2025, Pameran Terlengkap di Jateng Hubungkan Inovasi Pertanian, Rantai Dingin, dan Industri Makanan

    Pameran Food & Beverage, Jogja Pack & Process, Jogja All Tea Expo Hadir Perdana Mei 2025

    Pameran Food & Beverage, Jogja Pack & Process, Jogja All Tea Expo Hadir Perdana Mei 2025

    Trending Tags

    • Event
    • Explore Indoensia
    • JakartaFair
  • Event
  • About Us
  • Contact Us
  • Home
  • News
    • All
    • Entertainment & Lifestyle
    • MICE
    • Special Event Jakarta Fair
    • Worldwide
    Paramount Petals Kembali Hadirkan ‘Petals Urban Market’

    Paramount Petals Kembali Hadirkan ‘Petals Urban Market’

    World of Coffee Jakarta 2025, Sedot Antusiasme Pelaku Industri dan Penikmat Kopi

    World of Coffee Jakarta 2025, Sedot Antusiasme Pelaku Industri dan Penikmat Kopi

    World of Coffee 2025 Dibuka, Pertegas Peran Penting Indonesia dalam Rantai Pasok Kopi Global

    World of Coffee 2025 Dibuka, Pertegas Peran Penting Indonesia dalam Rantai Pasok Kopi Global

    IPA Convex Soroti Peran Strategis Industri Migas

    IPA Convex Soroti Peran Strategis Industri Migas

    Agrimat 2025, Pameran Terlengkap di Jateng Hubungkan Inovasi Pertanian, Rantai Dingin, dan Industri Makanan

    Agrimat 2025, Pameran Terlengkap di Jateng Hubungkan Inovasi Pertanian, Rantai Dingin, dan Industri Makanan

    Pameran Food & Beverage, Jogja Pack & Process, Jogja All Tea Expo Hadir Perdana Mei 2025

    Pameran Food & Beverage, Jogja Pack & Process, Jogja All Tea Expo Hadir Perdana Mei 2025

    Trending Tags

    • Event
    • Explore Indoensia
    • JakartaFair
  • Event
  • About Us
  • Contact Us
No Result
View All Result
Event Guide
Home News

Indonesia Tourism Outlook 2024, Pariwisata 2024 Cerah Pemerintah Targetkan 14 Juta Wisman

Asnawi Khaddaf by Asnawi Khaddaf
November 28, 2023
in News
0 0
0
Indonesia Tourism Outlook 2024, Pariwisata 2024 Cerah Pemerintah Targetkan 14 Juta Wisman
2
SHARES
169
VIEWS
Share on FacebookShare on TwitterShare on WhatsappShare on TelegramShare on LineShare on Email

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mengatakan sektor pariwisata pada 2024 diprediksi akan cerah. Capaiannya lebih baik dibandingkan tahun ini meski besarannya belum seperti 2019 atau sebelum pandemi COVID-19.

“Capaian kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) ke Indonesia tahun ini sekitar 11 juta atau di atas target 8,5 juta. Pada 2024 kita mentargetkan 14 juta kunjungan wisman atau masih di bawah capaian 2019 sebesar 16,11 juta. Kita optimistis di 2025 sektor pariwisata akan pulih seperti semula,” kata Menparekraf Sandiaga Uno dalam Indonesia Tourism Outlook 2024 bertajuk “Peluang dan Tantangan Investasi untuk Pariwisata Berkelanjutan” yang digelar oleh Forum Wartawan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Forwaparekraf) di Hotel AOne Jakarta, Selasa (28/11).

Menparekraf Sandiaga Uno mengatakan untuk mencapai target 14 juta kunjungan wisman 2024, kita dihadapkan sejumlah tatangan terutama oleh situasi global yang tidak menentu. Sejumlah lembaga internasional memprediksikan berbagai tantangan di tingkat global pada 2024 seperti konflik geopolitik, gejolak perekonomian, hingga krisis lingkungan dapat mempengaruhi pertumbuhan sektoral termasuk travel industry.

Sementara itu, perekonomian di wilayah Asia Tenggara yang relatif menguat selama 2023, didorong oleh peningkatan kunjungan wisatawan yang menunjukkan tren positif, menjadi kabar baik yang akan berdampak terhadap meningkatnya perjalanan wisatawan di kawasan Asia-Pasific termasuk ke Indonesia.

Hal itu terlihat pariwisata Indonesia tahun ini mengalami percepatan kebangkitan.

“Kita semula menetapkan target kunjungan 7,6 juta wisman kemudian dinaikkan menjadi 8,5 juta, pada kuartal III (Januari-September) 2023 “Tahun ini kita akan memperoleh 11 juta kunjungan wisman,” ujar Sandiaga Uno.

Untuk mencapai target tersebut, menurutnya, berbagai tantangan harus dihadapi bersama di antaranya bagaimana memperkuat konektivitas penerbangan dari negara-negara sumber wisman dengan tersedianya seat pesawat yang mencukupi.

Selain itu, penyebaran wisman ke berbagai destinasi unggulan di Indonesia juga masih menjadi tantangan. Bali sebagai magnet dalam menarik kunjungan wisman diharapkan dapat menyebarkan ke destinasi lain di Indonesia.

Untuk itu pemerintah gencar mempromosikan ‘Bali beyond’ terutama ke lima destinasi pariwisata super prioritas (DPSP) Danau Toba, Borobudur, Mandalika, Labuan Bajo, dan Likupang.

Menparekraf Sandiaga menjelaskan Indonesia mempunyai pertumbuhan ekonomi yang baik sehingga diharapkan akan mendorong daya beli masyarakat serta meningkatkan perjalanan di dalam negeri pada 2024 menargetkan 1,2-1,4 miliar.

“Meskipun perekonomian global diproyeksikan akan terjadi perlambatan, namun tren pertumbuhan perekonomian nasional diprediksi masih akan terus kuat di 2024, mencapai 5 persen menurut IMF dan OECD. Angka tersebut cukup tinggi dibandingkan proyeksi pertumbuhan perekonomian negara-negara kuat seperti Tiongkok dan Amerika Serikat, meski sedikit lebih rendah dibandingkan India,” jelas Menparekraf Sandiaga Uno.

Pemerintah terus mendorong pariwisata domestik sebagai kekuatan pariwisata nasional. Untuk ini berbagai kendala atau tantangan harus segera dapat diatasi di antaranya agar tiket pesawat supaya dapat terjangkau oleh wisatawan sehingga mereka dapat melakukan perjalanan atau travelling. Apalagi pada libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) akan terjadi lonjakan pergerakan wisnus.

“Lebaran, libur sekolah, Natal dan Tahun Baru, cuti bersama dan long week end menjadi momentum untuk meningkatkan pergerakan wisnus dan meningkatkan kontribusi terhadap capaian target wisnus,” tutur Sandiaga Uno.

Sementara itu, dalam kesempatan yang sama, Direktur Marketing and Consumer Experience PT Aviasi Pariwisata Indonesia (Persero) Maya Watono menuturkan lima DPSP menjadi daya tarik baru bagi pariwisata untuk mendatangkan wisman. Pemerintah akan gencar mempromosikan ‘Bali beyond’ dalam upaya mendorong penyebaran kunjungan wismandari Bali ke 5 DPSP.

Maya Watono melihat selain penyebaran wisman, tantangan yang harus segera diatasi untuk mencapai target 14 juta wisman 2024 adalah konektivitas penerbangan. Untuk mencapai target 14 juta kunjungan wisman 2024 konektivitas penerbangan menjadi perhatian utama.

“Kita berupaya menyediakan seat pesawat yang mencukupi untuk mendukung target 14 juta wisman,” katanya, seraya menyatakan dengan load factor rata-rata sudah mencapai 70 persen dibutuhkan sekitar 20 juta seat, sementara yang tersedia saat ini sekitar 11 juta seat pesawat. Ia berharap pada 2024 secara bertahap kekurangan 9 juta seat pesawat akan terpenuhi.

Ketua Umum Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) yang juga sebagai Ketua GIPI, Hariyadi Sukamdani, mengatakan daya beli masyarakat masih menjadi kendala dalam meningkatkan pariwisata dalam negeri.

“Tantangan kita bagaimana daya beli masyarakat tahun depan lebih baik. Untuk ini perlu upaya bersama agar tidak stagnan,” kata Hariyadi Sukamdani dalam pemmaparannya di acara itu.

Hariyadi Sukamdani berharap agar pemerintah bersama pelaku usaha airlines domestik bisa menurunkan harga tiket pesawat di dalam negeri yang sampai saat ini dinilai oleh Masyarakat masih mahal dan tidak terjangkau oleh wisatawan.

“Kami menyambut positif upaya pemerintah untuk mendorong wisnus melakukan perjalanan darat. Misalnya, dari Palembang (Sumatra)-Jawa-Bali yang saat ini sudah terhubung jalan tol,” kata Hariyadi.

Hariyadi mengatakan, hal terpenting adalah menyinkronkan program promosi bersama antara pemerintah pusat, pemerintah daerah, dan pelaku usaha industri pariwisata agar dapat meningkatkan kunjungan wisatawan.

Hariyadi mencontohkan program Kharisma Event Nusantara (KEN) di antaranya event Kasodo di Gunung Bromo, Jawa Timur punya potensi besar untuk mendatangkan wisatawan. Tetapi karena kurang dipromosikan, sehingga tidak banyak menandatangkan wisatawan ke destinasi wisata Malang Raya dan sekitarnya. Padahal bila event Kasodo itu dikemas dan dipromosikan dengan baik akan mendatangkan banyak wisatawan dan mengangkat okupansi hotel di sana.

Direktur Kajian Strategis Kemenparekraf/Baparekraf, Agustini Rahayu, yang mengatakan bahwa akan ada banyak tren pariwisata baru di tahun mendatang.

“Pada intinya wisatawan akan mencari pengalaman-pengalaman baru. Wisatawan akan meninggalkan konsep-konsep yang konvensional dan mencari new experience,” ujar Agustini Rahayu.

Sementara Director of Check-In Asia, Gary Bowerman, mengatakan Indonesia harus mulai menaruh perhatian besar terhadap pasar Tiongkok dan India. Kedua negara tersebut diperkirakan akan menjadi pasar dengan pertumbuhan tertinggi di tahun depan.

“Bagaimana menemukan strategi pemasaran yang tepat agar dapat menarik minat wisatawan Cina dari berwisata hanya di dalam negeri, menuju pasar di Asia Tenggara terutama Indonesia,” kata Gary.

Ketua Forwaparekraf, Pasha Ernowo, mengatakan pihaknya memilih tema “Peluang dan Tantangan Investasi untuk Pariwisata Berkelanjutan” dalam kegiatan outlook kali ini mengingat Indonesia dengan kekayaan alam yang melimpah dan geografis yang mendukung, sudah saatnya untuk lebih fokus terhadap pengembangan sustainable tourism atau pariwisata berkelanjutan.

Di sisi lain, investasi yang mengedepankan keberlangsungan dan keberlanjutan lingkungan di sektor pariwisata harus terus gencar dilakukan

“Sehingga tidak tertinggal dengan negara-negara lain dan yang paling penting adalah pengembangan yang dapat memberikan dampak positif jangka panjang terhadap lingkungan,” ujar Pasha.

Kegiatan ITO 2024 yang digelar Forwaparekraf bekerja sama dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) pada Selasa (28/11) itu juga sponsori oleh Bank Rakyat Indonesia (BRI) dan didukung oleh Jambuluwuk Hotels & Resto, Sari Ayu Martha Tilaar, Intiwhiz Hospitality Management, Bookcabin By Lion Group, Amaryllis Boutique Resort, Wings Group, dan MEG Cheese.

Tags: Indonesia Tourism Outlook 2024Menparekraf Sandiaga UnoTarget wisman tahun 2024
ShareTweetSendShareShareSend
Previous Post

Investasi Hijau dan SDM, Menparekraf:  Kunci Utama Pengembangan Pariwisata ke Depan

Next Post

Hotel Indonesia Group Capai Kinerja Positif di Kuartal Tiga 2023

Asnawi Khaddaf

Asnawi Khaddaf

Next Post
Hotel Indonesia Group Capai Kinerja Positif di Kuartal Tiga 2023

Hotel Indonesia Group Capai Kinerja Positif di Kuartal Tiga 2023

  • Trending
  • Comments
  • Latest
PT JIExpo Kemayoran di Tahun 2024 Persembahkan Jakarta Lebaran Fair dan Jakarta Fair 2024

PT JIExpo Kemayoran di Tahun 2024 Persembahkan Jakarta Lebaran Fair dan Jakarta Fair 2024

November 8, 2023
Ini Jadwal Lengkap Konser Musik Big Bang Festival 2023 di JIExpo, Diawali Tulus Ditutup Dewa 19

Ini Jadwal Lengkap Konser Musik Big Bang Festival 2023 di JIExpo, Diawali Tulus Ditutup Dewa 19

December 19, 2023
Bermain Seru Boom-Boom Car hanya dengan Rp30 Ribu

Bermain Seru Boom-Boom Car hanya dengan Rp30 Ribu

June 27, 2022
Jakarta Fair 2023, Sajikan Lengkap Produk Elektronik hingga Perlengkapan Sekolah

Jakarta Fair 2023, Sajikan Lengkap Produk Elektronik hingga Perlengkapan Sekolah

June 11, 2023
Bermain Seru Boom-Boom Car hanya dengan Rp30 Ribu

Bermain Seru Boom-Boom Car hanya dengan Rp30 Ribu

101
Cara Nikmat Konsumsi Daun Kelor

Cara Nikmat Konsumsi Daun Kelor

48
Hotel Indonesia Group Buka Yulia Hotel Gorontalo

Hotel Indonesia Group Buka Yulia Hotel Gorontalo

41
Magnet NOAH Band di Konser New Live! Experience Vol.2

Magnet NOAH Band di Konser New Live! Experience Vol.2

36
Geopark Kaldera Toba Disanksi ‘Kartu Kuning’ UNESCO, Ini Langkah Kemenpar

Geopark Kaldera Toba Disanksi ‘Kartu Kuning’ UNESCO, Ini Langkah Kemenpar

May 19, 2025
Paramount Petals Kembali Hadirkan ‘Petals Urban Market’

Paramount Petals Kembali Hadirkan ‘Petals Urban Market’

May 19, 2025
Bersantap penuh Sensasi dengan Cita Rasa Istimewa di Atria Gading Serpong

Bersantap penuh Sensasi dengan Cita Rasa Istimewa di Atria Gading Serpong

May 17, 2025
World of Coffee Jakarta 2025, Sedot Antusiasme Pelaku Industri dan Penikmat Kopi

World of Coffee Jakarta 2025, Sedot Antusiasme Pelaku Industri dan Penikmat Kopi

May 17, 2025

Recent News

Geopark Kaldera Toba Disanksi ‘Kartu Kuning’ UNESCO, Ini Langkah Kemenpar

Geopark Kaldera Toba Disanksi ‘Kartu Kuning’ UNESCO, Ini Langkah Kemenpar

May 19, 2025
Paramount Petals Kembali Hadirkan ‘Petals Urban Market’

Paramount Petals Kembali Hadirkan ‘Petals Urban Market’

May 19, 2025
Bersantap penuh Sensasi dengan Cita Rasa Istimewa di Atria Gading Serpong

Bersantap penuh Sensasi dengan Cita Rasa Istimewa di Atria Gading Serpong

May 17, 2025
World of Coffee Jakarta 2025, Sedot Antusiasme Pelaku Industri dan Penikmat Kopi

World of Coffee Jakarta 2025, Sedot Antusiasme Pelaku Industri dan Penikmat Kopi

May 17, 2025

PT Jakarta International Expo
Hall E 3rd floor, Arena JIEXPO Kemayoran | Jl. Benyamin Sueb, Jakarta Pusat 10620

About Us

Editorial Box

Pedoman Media Siber

Kode Etik Jurnalistik

Perlindungan Profesi Wartawan

© Copyright - Event Guide ID 2022 | All Rights Reserved

Welcome Back!

OR

Login to your account below

Forgotten Password?

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In

Add New Playlist

No Result
View All Result
  • Home
  • News
  • Event
  • About Us
  • Contact Us

© Copyright - Event Guide Magazine 2021 | All Rights Reserved

Insert/edit link

Enter the destination URL

Or link to existing content

    No search term specified. Showing recent items. Search or use up and down arrow keys to select an item.