Pameran wisata terbesar di Indonesia ASTINDO Travel Fair menjadi bagian dari rangkaian BCA Expoversary 2024 di Hall 1, ICE BSD, Tangerang secara resmi dibuka untuk umum hari ini, Jumat (1/3/2024) hingga Minggu (3/3/2024).
Ketua Umum ASTINDO, Pauline Suharno, dalam sambutannya menyampaikan kegembiraannya ASTINDO Travel Fair tahun ini genap memasuki usia yang ke-16.
“Sejak pertama kali digelar pada tahun 2011, ASTINDO Travel Fair saat ini telah memiliki positioning sebagai salah satu travel fair yang terbesar dan terlengkap di Indonesia dan menjadi referensi terbaik bagi masyarakat dalam merencanakan perjalanan wisatanya baik domestik maupun internasional (outbound),” kata Pauline Suharno.
Pauline menambahkan industri pariwisata awalnya diperkirakan akan pulih seperti sebelum pandemi di tahun 2024, namun kondisi geopolitik dunia di Rusia, Ukraina, ditambah Israel dan Palestina.
Di tambahkan lagi ancaman resesi dan perlambatan pertumbuhan ekonomi di berbagai negara, serta situasi pasca Pemilu di Indonesia, memperlambat pertumbuhan perjalanan wisata masyarakat Indonesia baik wisata domestik maupun mancanegara.
Meski di tengah perlambatan ini para pelaku industri tetap optimis bahwa masyarakat tetap akan melakukan perjalanan baik dengan tujuan berlibur maupun bisnis, atau seperti trend saat ini b-leisure.
Trend ini salah satunya dipicu karena saat ini hampir seluruh negara tujuan favorit banyak memberikan kemudahan wisatawan untuk masuk ke negaranya.
“Kondisi positif ini memicu kami untuk konsisten menghadirkan ASTINDO Travel Fair ke tengah-tengah masyarakat Indonesia,”:jelas Pauline.
Pauline menambahkan sejalan dengan program pemerintah “Bangga Berwisata di Indonesia”, melalui penyelenggaraan ASTINDO Travel Fair ini, pihaknya juga berupaya untuk menarik lebih banyak minat wisatawan untuk berwisata di Indonesia.
Salah satunya menghadirkan Tour Operator anggota ASTINDO dari berbagai Provinsi di Indonesia yang menyediakan beragam promosi paket wisata domestik.
“Dan tahun ini Resorts World Cruises mempromosikan kapal pesiar internasional pertama yang menjadikan Jakarta sebagai homeport,”ujar Pauline.
Di tempat yang sama Direktur Pemasaran Pariwisata Nusantara Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Dwi Marhen Yono menuturkan, target pergerakan wisatawan nusantara (wisnus) 2024 adalah sebanyak 1,2-1,5 miliar orang.
“Kalau tercapai satu miliar (pergerakan) saja, dengan transaksi Rp 2 jutaan, akan ada 2.000 triliun uang berputar di sektor pariwisata,” ucap Marhen.
Pameran yang berlangsung selama 3 hari ini diikuti sebanyak 29 travel agent, 13 tour operator anggota ASTINDO dari sembilan provinsi, delapan badan promosi pariwisata (NTO), dan 15 stan layanan produk travel di ASTINDO Travel Fair 2024.
Ketua Panitia ASTINDO Travel Fair 2024 Anton Sumarli mengatakan pihaknya menargetkan 90.000 ribu pengunjung dengan perkiraan nilai transaksi Rp100 miliar.
ASTINDO Travel Fair 2024 didukung oleh 20 maskapai penerbangan full service ternama berskala internasional.
Di antaranya Air Macau, All Nippon Airways, Asiana Airlines, China Airlines, Citilink, Emirates Airlines, Etihad Airways, Ethiopian Airlines, EVA Air, Garuda Indonesia, Korean Air, Malaysia Airlines, Philippine Airlines.
Kemudian Qantas Airways, Qatar Airways, Saudia Airlines, Singapore Airlines, Thai Airways, Turkish Airlines dan Uzbekistan Airways yang menawarkan harga tiket khusus selama pameran.
Pengunjung bisa menikmati berbagai promo tur dan tiket pesawat murah di ASTINDO Travel Fair 2024. Mulai dari promo ASTINDO Travel Fair 2024 cashback BCA hingga Rp 670.000 dengan transaksi minimal Rp 10 juta.
Cashback sebesar Rp 300.000 khusus pembelian tiket pesawat domestik minimal Rp 7,5 juta dengan pembayaran kartu kredit BCA.
Ada juga promo tiket pesawat internasional mulai dari Rp 1,8 juta ke berbagai negara di Asia dan Eropa.
Pameran ini mulai dibuka pukul 10.00 WIB hingga 21.00 WIB.
Selain Jakarta, ASTINDO Travel Fair dihelat secara serentak di 4 kota besar lainnya di Indonesia, yakni Bali, Malang, Medan, dan Palembang.