Follow Eventguide.id untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel
EVENTGUIDE.ID – Tourist Information Center (TIC) Digital Nusantara resmi diluncurkan. Keberadaannya sebagai inovasi dengan memanfaatkan digitalisasi untuk mempromosikan potensi pariwisata dan ekonomi kreatif Indonesia.
Menparekraf Sandiaga Uno mengatakan TIC Digital Nusantara adalah pusat informasi pariwisata berbasis teknologi yang akan memudahkan wisatawan merencanakan perjalanan mereka dengan lebih leluasa.
TIC Digital Nusantara merupakan proyek perubahan dari pelatihan kepemimpinan nasional (PKN) tingkat II dari pejabat eselon II Kemenparekraf/Baparekraf, yaitu Direktur Pemasaran Pariwisata Nusantara Kemenparekraf/Baparekraf, Dwi Marhen Yono.
“Ini adalah platform informasi berbasis QR Code dan akan memudahkan wisatawan mengakses informasi tentang paket wisata dan lain sebagainya,” ungkap Menparekraf Sandiaga.
Oleh karena itu, Sandiaga memberikan dukungan penuh terhadap inovasi ini. Memanfaatkan digitalisasi yang tengah berkembang pesat akan semakin mempermudah wisatawan memperoleh informasi yang dibutuhkan dan memberikan dampak positif terhadap pengembangan sektor parekraf.
Tak hanya itu, program ini juga bukti nyata dari pentingnya kolaborasi dalam memajukan sektor parekraf. Diketahui, program ini merupakan hasil kolaborasi dengan asosiasi di bidang parekraf, pemerintah daerah dan PT. Nusantara Digitech Solusi (NDS), untuk mengembangkan prototipe TIC.
“The only concern in life is change, jadi perubahan itu adalah keniscayaan. Jadi kita harus terus mengembangkan potensi ini dan saya sangat mendukung teman-teman yang mengikuti PKN baik PKN II maupun PKN I,” katanya.
Dalam kesempatan serupa, Deputi Bidang Pemasaran Kemenparekraf/Baparekraf, Ni Made Ayu Marthini, menambahkan proyek perubahan ini secara konkret mendukung pengembangan sektor parekraf di Tanah Air, terutama dalam mengakomodir kemudahan berwisata bagi wisatawan nusantara.
“Jadi dengan adanya TIC Digital Nusantara di beberapa lokasi yang tersedia, akan mempermudah masyarakat memperoleh informasi yang ia butuhkan dan isinya selalu kita perbaharui dan perbaiki terus. Jadi informasi mengenai destinasi, transportasi, deal-deal yang bagus itu terbaharui secara on-going,” kata Made.