Follow Eventguide.id untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel
EVENTGUIDE.ID – Discovering the Magnificence of Indonesia (DMI) Expo yang digelar pada tanggal 28 November-1 Desember 2024 di Pusat Pameran bergengsi Jaarbeurs di Utrecht, Belanda menyita perhatian publik.
Selama 4 hari pameran menandai tonggak sejarah baru sebagai Pameran Perdagangan dan Pariwisata pertama Indonesia yang berdiri sendiri di luar negeri, dengan fokus pada promosi Desa Wisata dan Usaha Kecil Menengah (UKM).
Pameran ini juga menyediakan platform global bagi upaya Indonesia untuk mempromosikan keberlanjutan, pelestarian budaya, dan inovasi lokal.
Diselenggarakan oleh Yayasan Negeriku bekerja sama dengan PT Nuswantara Adhidaya Perkasa (KUPU GSC), pameran ini merupakan langkah penting dalam memamerkan potensi Indonesia dalam pariwisata berkelanjutan, kewirausahaan lokal, dan industri kreatif sekaligus membina hubungan yang lebih erat antara Indonesia dan Eropa.
Event ini menekankan kekuatan kepemimpinan Indonesia dalam pariwisata berkelanjutan, yang menampilkan destinasi pilihan, selaras dengan tujuan lingkungan global sekaligus memberdayakan masyarakat lokal melalui kewirausahaan.
Platform unik ini membangun kemitraan jangka panjang dengan para pemangku kepentingan Eropa dan mengangkat posisi Indonesia sebagai pusat budaya dan ekonomi.
DMI Expo 2024 menampilkan berbagai kegiatan yang menarik dan interaktif, diantaranya:
•Forum Bisnis & Peluang Jaringan: Menghubungkan UKM Indonesia dengan mitra Eropa.
•Peragaan Busana: Menyorot Wastra Nusantara (tekstil tradisional) dan Modest Fashion, yang memamerkan karya desainer berbakat Indonesia.
•Pertunjukan Budaya: Pertunjukan musik, tari, dan wayang tradisional yang menghidupkan warisan Indonesia.
•Pameran Desa Wisata: Memperkenalkan destinasi wisata berkelanjutan dan permata tersembunyi di Indonesia.
•Lokakarya: Sesi interaktif tentang pembuatan batik, penyeduhan kopi, dan seni kuliner Indonesia.
Upacara pembukaan pada tanggal 28 November 2024, pukul 09:30 CET dihadiri oleh beberapa tamu penting termasuk perwakilan dari pemerintah Indonesia dan Belanda, pemimpin industri, dan tokoh budaya.
Hadir pula para pakar dan penampil terkemuka yang memiliki wawasan dan kemampuan dalam mempromosikan pengaruh Indonesia di panggung global.
DMI Expo 2024 membuktikan bukan sekadar pameran. Event ini merupakan pintu gerbang meraih harapan besar seperti;
•Menemukan budaya Indonesia yang beragam dan dinamis.
•Membangun kemitraan strategis dengan UKM dan industri kreatif Indonesia.
•Menjelajahi destinasi wisata unik yang mengutamakan keberlanjutan.
Acara ini juga menawarkan kesempatan yang luas untuk terlibat dalam kolaborasi penting yang mendukung visi Indonesia untuk memperkuat diplomasi budaya dan ekonomi.
Mendukung Visi Global Indonesia
DMI Expo 2024 sejalan dengan tujuan Indonesia untuk:
•Meningkatkan perdagangan internasional.
•Mempromosikan pariwisata berkelanjutan.
•Meningkatkan pengakuan global terhadap industri kreatif Indonesia.
enjembatani komunitas Indonesia dan Eropa, acara ini berupaya menciptakan kemitraan yang langgeng dan pertumbuhan bersama.
Penyelenggaraan DMI Expo 2024 didukung oleh para pemangku kepentingan utama, termasuk:
•Lembaga Pemerintah: Kedutaan Besar Republik Indonesia untuk Kerajaan Belanda, Kementerian Pariwisata, Kementerian Ekonomi Kreatif, Kementerian Desa dan Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Kementerian UMKM.
•Organisasi Mitra: Kamar Dagang dan Industri Indonesia (KADIN), Asosiasi Pengusaha Indonesia di Belanda (ASPINA), dan asosiasi industri utama lainnya seperti GIPI, ASITA, ASTINDO, KEMBERIN, IFTA, PHRI, ASPERAPI, INCCA, IFDC, dan APDESI.
•Sponsor Perusahaan: PT PERTAMINA (Persero), Indonesia Eximbank (LPEI), PANDI, dan Bank Central Asia (BCA)
•Mitra Resmi: Atourin, Goorita, Travel Buddies.
Kontribusi dan dukungan mereka yang tak ternilai memastikan keberhasilan acara ini dalam menampilkan potensi budaya dan ekonomi Indonesia kepada khalayak global.
DMI Expo 2024 selama pelaksanaannya mampu mencatatkan pencapaian yang positif, sebagai berikut:
• 50+ Pertemuan B2B berhasil menghubungkan pengusaha Indonesia dengan pembeli internasional.
•Kolaborasi dengan importir dan pemilik gudang sebagai Agregator Produk untuk Pasar Indonesia di Eropa Barat.
•Lebih dari 2.000 pengunjung menghadiri pameran, menjadikannya acara yang semarak.
•20+ Destinasi Desa Hijau dan 35+ UKM unggulan Indonesia dipromosikan.
•Pentas Budaya, Fashion Show & Kuliner Indonesia menjadi daya tarik utama.
•10+ Pertunjukan Budaya dipamerkan sepanjang acara yang berlangsung selama 4 hari.
•Lebih dari 10 merek lokal ternama memulai debutnya di peragaan busana “Wastra Nusantara & Modest Fashion Festival” di Belanda.
Atas keberhasilan pelaksanaan DMI Expo 2024, Discovering the Magnificence of Indonesia Expo bakal hadir kembali di bulan November 2025 di tempat yang sama di Utrecht, Belanda.