Follow Eventguide.id untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel
Kementerian Ekonomi Kreatif/Badan Ekonomi Kreatif (Kemenekraf/Bekraf) dengan Artotel Group sepakat berkolaborasi melalui penandatanganan nota kesepahaman bersama (Memorandum of Understanding/MoU) untuk mempromosikan gim Indonesia saat momen liburan Natal 2024 dan Tahun Baru 2025.
Penandatanganan dilaksanakan di ARTOTEL Thamrin Jakarta, Senin (30/12/2024) oleh Plt. Sesmenekraf/Sestama Bekraf, Dessy Ruhati, dengan Direktur PT Artotel Indonesia (Artotel Group), Eduard Rudolf Pangkerego.
Kolaborasi ini dikemas dalam bentuk program bertajuk Re(Kreasi) Lokal yang menghadirkan fasilitas gim lokal asli buatan Indonesia untuk dapat dimainkan di jaringan hotel Artotel Group.
Dalam program Re(Kreasi) Lokal, Artotel Group menyediakan fasilitas satu set perangkat gim berupa PlayStation 5 lengkap dengan beragam gim lokal buatan Indonesia yang dapat dipilih para tamu dalam mendukung para pembuat gim dari Indonesia.
Satu set perangkat ini tersedia di dalam satu tipe kamar terbaik atau di ruang publik, seperti di area lobby, yang dapat dimainkan oleh para tamu tanpa ada tambahan biaya apapun dan dapat dinikmati sepuasnya kapanpun tamu inginkan selama menginap.
Adapun beberapa hotel-hotel yang berpartisipasi dalam program ini antara lain ARTOTEL Thamrin Jakarta, ARTOTEL TS Suites Surabaya, ARTOTEL Sanur Bali, ROOMS Inc D’Botanica Bandung, dan ROOMS INC Semarang.
Sedangkan untuk beragam pilihan gim yang tersedia, yaitu Knight vs Giant: The Broken Excalibur, Petit Island, A Space for The Unbound, Cats and Seek: Osaka, Valthirian Arc: Hero School Story 2, Dreadout 2, Coral Island, Potion Permit, Coffee Talk Episode 2: Hibiscus & Butterfly yang sudah dikurasi secara khusus oleh tim Asosiasi Game Indonesia untuk program Re(Kreasi) Lokal ini.
Plt. Sesmenekraf/Sestama Bekraf Dessy Ruhati, menjelaskan melalui kerja sama ini diharapkan tercipta ekosistem ekonomi kreatif khususnya subsektor gim, berupa peningkatan eksposur gim lokal Indonesia, penciptaan nilai tambah industri gim, dan mendorong sinergi pengembang gim lokal, pemerintah, dan sektor swasta.
“Sehingga para pelaku ekonomi kreatif dapat berkreasi dan berinovasi secara optimal. Sebab bukan hal yang mustahil untuk kita dapat mewujudkan visi Indonesia sebagai pusat kreatif dunia dan menjadi magnet baru bagi pengunjung ARTOTEL untuk mengenal gim Indonesia,” kata Dessy.
Ditandatanganinya kesepakatan ini juga diharapkan dapat menciptakan sinergi yang kuat antara Kementerian Ekonomi Kreatif/Badan Ekonomi Kreatif dengan Artotel Group.
Selain juga dapat memberikan manfaat yang signifikan bagi kedua belah pihak, serta memberikan kontribusi yang positif bagi perkembangan industri kreatif di Indonesia.
Dessy menjelaskan, sebelumnya pada 20 Desember 2024, Kementerian Ekonomi Kreatif/Badan Ekonomi Kreatif dengan Artotel Group telah meluncurkan aplikasi Jalan Jalan Lokal (JJL).
Aplikasi ini diharapkan dapat mendorong digitalisasi ekonomi kreatif lokal, memperkuat kolaborasi bisnis dan akses pembiayaan, mendukung pelaku usaha lokal, meningkatkan efisiensi logistik, dan sebagai wujud dukungan rantai pasok digital bagi pelaku industri perhotelan.
“Tidak memerlukan waktu yang lama, kolaborasi ini langsung dilanjutkan dengan penandatanganan MoU pada hari ini, dimana Artotel Group seketika melakukan langkah konkret dengan mempromosikan gim Indonesia di saat liburan Natal 2024 dan Tahun Baru 2025,” kata Dessy.
Direktur PT Artotel Indonesia/COO Artotel Group, Eduard Rudolf Pangkerego, menyampaikan rasa bangganya dapat turut berpartisipasi dalam memajukan sektor ekonomi kreatif di Indonesia, khususnya untuk gim.
“Harapan kami kerja sama ini akan terus berlanjut, kita akan banyak sekali program yang dapat didiskusikan, semoga bertambah lagi. Semoga ekonomi kreatif bisa menjadi new engine of growth, dan ini yang kita tunggu-tunggu dari industri ini,” kata Eduard.
Presiden Asosiasi Game Indonesia, Shafiq Husein, mengucapkan terima kasih kepada Kementerian Ekonomi Kreatif karena telah diberi kesempatan untuk menshowcase gim-gim dari Indonesia.
“Ini adalah sebuah milestones baru bagi teman-teman developer gim untuk memberitahukan kepada masyarakat bahwa gim Indonesia ada banyak sekali genrenya, bermacam-macam, gayanya juga beragam,” kata Shafiq.
Shafiq berharap MoU yang ditandatangani ini bisa menjadi pintu awal yang baik untuk kerja sama lainnya ke depan baik untuk segi gim atau subsektor industri kreatif lainnya.
“Saya berharap semoga industri kreatif Indonesia makin berkembang dan bersama-sama kita bangun negeri ini menuju Indonesia Emas,” kata Shafiq.
Turut hadir bersama Plt. Sesmenekraf Dessy, Plt. Deputi Bidang Kreativitas Digital dan Teknologi Kemenekraf, Muhammad Neil El Himam dan Plt. Deputi Bidang Pengembangan Strategis Ekonomi Kreatif Kemenekraf, Cecep Rukendi.
Program Re(Kreasi) Lokal dapat dinikmati para tamu mulai 1 Januari 2025 dan untuk informasi lebih lanjut dapat mengunjungi situs resmi artotelwanderlust.com
ARTOTEL Group adalah manajemen operator hotel Indonesia yang mengintegrasikan 4 unit bisnis, Hotel (Stay), Food & Beverages (Dine), Event Management (Play), & Curated Merchandise (Shop).
ARTOTEL Group menawarkan berbagai pilihan akomodasi dari hotel ekonomis, butik, kelas menengah hingga hotel mewah untuk memenuhi kebutuhan akomodasi dari semua target market. Memiliki berbagai pilihan brand, ARTOTEL, DAFAM, MAXONE, dan Brand Waralaba KYRIAD dengan jumlah lebih dari 100 hotel dan 10.000 kamar tamu yang tersebar di seluruh Indonesia.
Di bidang Food & Beverage, ARTOTEL Group menyediakan jasa pengelolaan Restoran, Bar, dan Beach Club.
Melalui Event Management, ARTOTEL Play dan Curated Merchandise dengan brand MART, ARTOTEL Group memiliki visi memajukan industri kreatif Indonesia dengan mendukung para seniman muda untuk berkarya melalui kolaborasi yang diciptakan berupa kegiatan pameran, pertunjukan, workshop, dan produksi merchandise berkarakter seni yang dapat dipakai sehari hari dengan harga terjangkau.
Untuk memberikan penghargaan kepada para tamu, ARTOTEL Group memiliki program loyalti ARTOTEL Wanderlust dengan memberikan keuntungan lebih buat para tamu yang mendaftar sebagai anggota ARTOTEL Wanderlust, antara lain potongan harga kamar maupun F&B hingga 50%, serta mendapatkan reward point.
ARTOTEL Wanderlust dioperasikan melalui aplikasi digital yang dapat diunduh melalui sistem aplikasi IOS dan Android dengan pendaftaran secara cuma-cuma dan mudah.
Brand ARTOTEL: ARTOTEL, ARTOTEL Suites, ARTOTEL Curated, ARTOTEL Portfolio, ARTOTEL Casa, ARTOTEL Villa, Rooms Inc, Bobotel. Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Semarang, Surabaya, Medan, Batam, Bali.
Brand DAFAM: Grand Dafam Signature, Grand Dafam, Hotel Dafam, Dafam Express, dan Dafam Collections. Jakarta, Bandung, Jawa Tengah, Yogyakarta, Semarang, Jawa Timur, Bali, Lombok, Pekanbaru, Kalimantan Selatan, & Sulawesi Selatan.
Brand MAXONE: MAXONE, NITE & DAY, ZIA, RUMA RUMA, MARC, ONE OF A KIND. Jakarta, Anyer, Ambon, Bali, Batam, Bintan, Balikpapan, Bekasi, Belitung, Bogor, Boyolali, Jayapura, Lombok, Malang, Makassar, Palembang, Sabang, Semarang, Surabaya, Tangerang, Yogyakarta.
Brand Waralaba KYRIAD: Jakarta, Aceh, Sumatera Barat, Kalimantan Timur, Sulawesi Selatan, Papua.
F&B Outlets: Double Chin, Lidah Lokal, ROCA, BART, BISTRO de Braga, B10 CAFÉ, Fat Elephant, 11/12 Rooftop Bar, Slide Bar, Terra All Day Dining, Barley & Barrel, Meet n Eat, One Deck Gastropub, La Gazette, Posana All Day Dining, and Tip Tap Toe Day Club.