Follow Eventguide.id untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel
EVENTGUIDE.ID – Astindo Travel Fair (ATF) 2025 sebagai ajang pameran wisata terbesar di Indonesia kembali digelar pada tanggal 20-23 Februari 2025 di Hall 1, ICE BSD Tangerang.
Gelaran yang ke-18 ini menjadi bagian dari rangkaian BCA Expoversary 2025 yang diikuti oleh Mitra Travel Agent, Airlines, Hotel, Cruise Liner, National Tourism Organization, Tourist Destination, dan Travel Related Products & Services.
Selain di Jakarta, ATF secara serentak berlangsung di 4 kota besar lainnya di Indonesia, yaitu Palembang, Bandung, Surabaya, dan Denpasar.
Pauline Suharno Ketua Umum Astindo, mengatakan sejak pertama kali digelar pada tahun 2011, Astindo Travel Fair saat ini telah memiliki positioning sebagai salah satu travel fair yang terbesar dan terlengkap di Indonesia. ATF juga telah menjadi referensi terbaik bagi masyarakat dalam merencanakan perjalanan wisatanya baik domestik maupun internasional (outbound).
“Astindo Travel Fair didukung oleh multi airlines menjadikan consumer show ini berbeda dengan kebanyakan travel fair yang digelar di Indonesia, dan selalu dinantikan oleh para wisatawan holidaymakers,” kata Pauline Suharno di ICE BSD, Tangerang, Jumat (21/2/2025)
Pauline menambahkan pelaku usaha di sektor pariwisata menatap positif tahun 2025, kendati masih dihadapkan pada tantangan pelemahan daya beli masyarakat.
“Di tengah ketidakpastian ekonomi global serta ketidakstabilan geopolitik yang dapat menghambat laju pertumbuhan ekonomi, kami tetap sangat optimis industri pariwisata di Indonesia akan terus tumbuh,” imbuhnya.
Keyakinan tersebut tetap terjaga karena salah satunya berkaca dari data Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat jumlah perjalanan wisatawan nusantara mengalami kenaikan
“Sepanjang Januari hingga November 2024 mencapai 919,99 juta perjalanan atau meningkat sebesar 22,81 persen dibandingkan periode yang sama pada tahun 2023,” tandasnya.
Disamping itu menurut Pauline, perpaduan antara perjalanan bisnis dan liburan atau bleisure masih tetap diminati terutama oleh kalangan milenial serta Gen Z.
“Bleisure bersama dengan business travel juga berpotensi mempercepat pertumbuhan pariwisata baik domestik maupun internasional (outbound),” jelas Pauline.
Sejalan dengan program pemerintah “Bangga Berwisata di Indonesia’ (BBWI)”, pihaknya terus berupaya menarik lebih banyak minat wisatawan untuk berwisata di Indonesia.
“Kami menghadirkan sejumlah tour operator anggota Astindo dari 6 (enam) Provinsi di Indonesia bersama dengan 31 Travel Agent dari Jakarta dan sekitarnya yang menyediakan beragam promosi paket wisata domestik,” imbuhnya.
Sementara, Anton Sumarli, Ketua Panitia Astindo Travel Fair 2025, menambahkan keikutsertaan berbagai maskapai penerbangan, destinasi dan obyek wisata, serta sarana pendukung pariwisata lainnya cukup beragam.
“Total ada 62 booth yang ikut Astindo Travel Fair 2025,” ujarnya
Selama 4 (empat) hari penyelenggaraan, ATF menargetkan jumlah pengunjung sebanyak 75.000 orang. Untuk transaksi penjualan (estimated sales volume) sekitar Rp75 Milyar.
” Target nilai transaksi bisnis akan diperoleh dari penjualan paket-paket wisata, tiket, baik rute internasional dan domestik serta travel related,” kata Anton.
Ada 21 maskapai baik internasional maupun domestik, menurut Anton akan menawarkan tiket dengan potongan harga spesial selama berlangsungnya pameran.
Maskapai penerbangan tersebut seperti Malaysia Airlines sebagai Preferred Airlines, Air Macau, All Nippon Airways, Asiana Airlines, Cathay Pacific Airways, Citilink, China Airlines, Emirates, EVA Airways, Etihad, Japan Airlines, Korean Air, Pelita Air, Philippine Airlines, Qantas Airways, Qatar Airways, Saudia Airlines, Singapore Airlines, Starlux Airlines, Turkish Airlines, dan Vietnam Airlines.
Hadir pula, sejumlah Badan Promosi Pariwisata (NTO) dari mancanegara dan domestik untuk mempromosikan serta memberikan informasi terbaru tentang destinasi pariwisatanya.
Diantaranya, Kementerian Pariwisata, Ministry of Tourism Cambodia, Korea Tourism Organization, Macao Government Tourism Office, Taiwan Tourism Administration, Tourism Authority of Thailand, Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi DKI Jakarta, Tourism Perak Management, Sabah Tourism Board, dan Sarawak Tourism Board.
Selain itu akan hadir pula Cruise Liner yang beroperasi di regional dan internasional seperti Disney Cruise Line yang menawarkan petualangan Disney yang tak terlupakan di laut.
Astindo Travel Fair 2025 turut didukung oleh Kementerian Perhubungan, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Gabungan Industri Pariwisata Indonesia (GIPI) dan anggota Astindo.
Kementerian Pariwisata melalui programnya Bangga BerWisata di Indonesia (BBWI), mendorong pengunjung Astindo Travel Fair berwisata di Indonesia melalui kampanye, “Di Indonesia Aja”.
Para penyelenggara atraksi wisata dari luar Jakarta juga ikut serta meramaikan acara dengan membuka booth untuk melakukan promosi paket-paket wisata domestik di ATF 2025.
Pameran ini juga kembali didukung oleh BCA sebagai Official Bank Partner dan juga BCAinsurance sebagai Official Insurance Partner.
ATF 2025 tengah berlangsung mulai tanggal 20 – 23 Februari 2025 di Hall 1, ICE BSD Tangerang dengan jam operasional setiap harinya mulai pukul 10.00 WIB-21.00 WIB.
