Follow Eventguide.id untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel
EVENTGUIDE.ID – Museum of Toy (MoT) berkolaborasi dengan Carstensz Mall, Gading Serpong, menghadirkan sebuah departement store, yang diberi nama LOT No 1/2 (LOT Number Half).
Wakil Menteri Ekonomi Kreatif Wamenekraf)), Irene Umar mengatakan bahwa kolaborasi ini merupakan terobosan besar dan membuka peluang ekonomi kreatif ke pasar global.
“Selama ini orang berpikir brand-brand lokal hanya bisa tampil di acara bazar, tetapi sekarang MoT bersama Carstensz Mall out of the box, menghadirkan brand lokal di sebuah departement store. Terima kasih untuk MoT dan Carstensz Mall yang sudah sangat peduli bahkan mendedikasikan mal ini untuk brand-brand lokal bisa menampilkan produk-produknya,” kata Irene Umar.
Wamenekraf menambahkan kehadiran department store seperti ini membuktikan ekonomi kreatif di Indonesia menggeliat dan menjadi The New Engine of Growth.
“Kita mengatakan bahwa ini bukan hanya UMKM. Jadi, kalau ekonomi kreatif, ada yang dimulai dari show entrepreneur UMKM sampai yang sudah besar, juga itu di bawah ekonomi kreatif. Karena kekreatifan itu bisa menjadi salah satu penyumbang terbesar bagi PDB negara, itu yang kita harapkan dan akan kita tunjukkan,” tegas Irene.
Founder MoT, Deasy Varianti Susanto mengatakan mereka memiliki visi-misi membantu pelaku kreatif lokal tumbuh di bidang fesyen. Tak hanya itu, seniman bisa menampilkan karyanya dalam satu wadah sehingga bisa dikenal di negeri sendiri dan juga di pasar global.
“Kita ingin sekali menjadi wadah bagi teman-teman pelaku kreatif supaya tidak hanya dikenal di Indonesia, tetapi kita ingin membantu dan menggaungkannya agar bisa sampai mendunia. Karena brand lokal ini enggak kalah dengan brand luar. Dan kami membuka peluang untuk brand lokal lainnya untuk bergabung hingga nanti bisa menciptakan LOT No 1/2 di mal lainnya,” ucap Deasy.
Chief Operating Officer Carstensz Mall, Vonny Hermawan menambahkan, Carstenz Mall membuka ruang bagi seluruh pelaku UMKM dan pemilik merek lokal menjajakan produknya di dalam sebuah mal. LOT No 1/2 disebut menjadi satu-satunya department store merek lokal yang menggabungkan antara seni dan fasyen.
“Kami suka dengan konsepnya LOT karena mau memikirkan dan membantu brand lokal. Konsepnya menarik dan Carstenzs suka dengan konsep seperti ini. Karena kami juga ingin membantu UMKM dan brand lokal agar mereka bisa meningkatkan ekonominya,” jelasnya.
Seperti diketahui LOT No 1/2 merupakan toko berkonsep fesyen dan seni dengan tampilan interior unik, yang mewadahi merek-merek lokal menjajakan produknya di mal.