Follow Eventguide.id untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel
EVENTGUIDE.ID – Taman Mini Indonesia Indah (TMII) akan resmi memasuki usia ke-50 tahun pada 20 April 2025.
Dalam momentum emas ini, TMII, yang merupakan bagian dari InJourney, menyelenggarakan rangkaian perayaan bertajuk “Pesta Rakyat Nusantara”.
Kegiatan ini akan digelar selama 10 hari penuh, dari 18 hingga 27 April 2025 yang menargetkan kehadiran lebih dari 200.000 pengunjung, dan menjadi simbol transformasi TMII menuju destinasi budaya yang inklusif, dinamis, dan inovatif.
Corporate Secretary Group Head InJourney, Yudhistira Setiawan, mengungkapkan sejak peresmian #WajahBaruTMII pada 1 September 2023, TMII ini benar-benar menampilkan perubahan yang sangat signifikan dengan berbagai inovasi baik dari sisi atraksi, edukasi, dan bahkan lingkungan.
“Hal itu sangat memberikan pengalaman baru bagi wisatawan dalam berwisata di Jakarta dan tentunya dalam mengenal budaya bangsa Indonesia secara lebih inklusif,” ujarnya.
Direktur Utama TMII, Intan Ayu Kartika, menyampaikan lima dekade perjalanan ini adalah dedikasi bagi seluruh masyarakat Indonesia.
“Di usia emas ini, kami ingin menegaskan bahwa TMII bukan sekadar masa lalu, tetapi juga bagian penting dari cerita baru Indonesia ke depan.”
Rangkaian kegiatan HUT ke-50 TMII “Pesta Rakyat Nusantara” ini mengusung semangat gotong royong dan kebhinekaan, melalui berbagai kegiatan utama yang menggambarkan keberagaman budaya sekaligus kepedulian sosial, antara lain:
1. Berbagi Bersama Anak Yatim dan Disabilitas
2. Diskon Tiket Masuk 50% pada 19-20 April 2025
3. 50 Atraksi Seni dan Budaya Nusantara
4. Kirab Gunungan Keberkahan
5. Pasar Kuliner dari Sabang sampai Merauke
6. Wastra Berlari
Dalam rangkaian peringatan ulang tahun emas ini, juga akan ada Pradana Nitya Budaya TMII Award, yaitu penghargaan yang diberikan oleh Kementerian Kebudayaan RI untuk Anjungan Daerah terbaik di TMII.
Bertepatan dengan momen ini, TMII berkolaborasi dengan Sarinah menghadirkan Pasar Nusantara yang menyuguhkan ragam kuliner khas daerah dari seluruh Indonesia serta sebagai wadah bagi pengembangan UMKM lokal.
Direktur Komersial Sarinah, Selfie Dewiyanti mengungkapkan berkolaborasi dengan TMII untuk menghadirkan Pasar Nusantara sebagai wadah untuk pengembangan UMKM lokal dan juga sentra kuliner masakan daerah khas nusantara.
“Sebanyak 36 UMKM, baik dari anjungan daerah TMII maupun pelaku F&B lokal, menjadi tenant di Pasar Nusantara. Hal ini juga sebagai bentuk sinergi ekosistem pariwisata untuk melestarikan dan menjaga kebudayaan nusantara melalui kuliner.”
Selain itu, ada juga Jelajah Swara TMII bekerjasama dengan Noice, yakni mempertemukan kekayaan warisan Indonesia dengan teknologi modern.
Melalui panduan audio dari Noice dan karakter ceria Nitra, pengunjung diajak menjelajahi landmark ikonik TMII sambil mendalami cerita tradisional yang menyenangkan dan penuh makna.
Informasi lebih lanjut dapat mengunjungi situs resmi TMII www.tamanmini.com atau media sosial @tmiiofficial.