Follow Eventguide.id untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel
EVENTGUIDE.ID — Indonesia Fashion Week (IFW) 2025 secara resmi meluncurkan kampanye terbaru bertajuk “Ronakultura Jakarta” dalam gelaran eksklusif di Menara Imperium, Jakarta.
Kampanye ini menjadi pengantar menuju perhelatan utama Indonesia Fashion Week 2025 yang akan digelar pada 28 Mei hingga 1 Juni 2025.
Poppy Dharsono, Ketua Umum APPMI dan Presiden Indonesia Fashion Week dalam sambutannya mengatakan Ronakultura. merupakan gabungan dari kata Ronak (semarak) dan Kultura (budaya).
Hal ini menggambarkan semangat Jakarta sebagai kota dinamis, terus bergerak, dan penuh warna sebagai tempat budaya tradisional dan gaya hidup kontemporer saling bersilangan.
“Fashion bukan sekadar tampilan, tetapi bentuk ekspresi budaya dan identitas. Lewat Ronakultura, kami ingin memperlihatkan bagaimana Jakarta menjadi inspirasi sekaligus panggung bagi kreativitas yang terus berevolusi,” ujar Poppy Dharsono.
Poppy Dharsono menambahkan Jakarta bukan semata kota bisnis, tetapi melting pot dari ragam kultur sehingga tumbuh secara harmonis membentuk identitas kota sebagai ruang hidup bersama.
“Spirit tersebut tampak pada identitas wastranya dengan motif batik cenderung cerah dan menangkap unsur alam seperti dedaunan,” tuturnya.
“Semarak budaya pada Ronakultura tersebut kemudian akan direpresentasi para desainer untuk ditampilkan pada titian peraga (runway) IFW 2025,” imbuhnya.
Tahun ini menandai tahun kedua kolaborasi strategis antara IFW dan Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif DKI Jakarta, yang kembali mengangkat Jakarta sebagai tema besar.
Setelah pada 2024 mengangkat budaya Betawi, kini cakupan diperluas menjadi perayaan kota Jakarta sebagai megapolitan yang kreatif dan kosmopolitan.
Andhika Permata, Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi DKI Jakarta menyampaikan bahwa pihaknya melihat Indonesia Fashion Week sebagai platform strategis untuk memperkenalkan Jakarta sebagai kota yang tidak hanya menjadi pusat ekonomi, tapi juga pusat kebudayaan dan gaya hidup.
“Kampanye Ronakultura memperkuat posisi Jakarta sebagai ruang kreatif yang terus berkembang dan terbuka untuk kolaborasi lintas sektor,” kata Andhika Permata.
Acara peluncuran ini menghadirkan penayangan perdana video kampanye IFW 2025, mini talkshow, dan perkenalan Icons IFW 2025. Mereka di antaranya Jindan, Kayla, Reuben, Vebby, Dwiki, & Sophia. Digelar pula sesi gathering yang mempertemukan pelaku industri kreatif, desainer, mitra, dan media.
IFW 2025 sendiri akan digelar selama lima hari penuh di Jakarta Convention Center (JCC). Setidaknya menampilkan lebih dari 200 desainer dan jenama lokal maupun internasional.
Berbagai program berupa pameran, fashion show, talkshow, dan kampanye berkelanjutan akan turut menyemarakkan IFW 2025.