Follow Eventguide.id untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel
EVENTGUIDE.ID — MICAM Milano sebagai pameran alas kaki internasional dan MIPEL sebagai pameran barang-barang kulit dan aksesoris mode internasional, tengah mempromosikan dua pameran dagang unggulan di pasar Indonesia dan AsiaTenggara.
Kedua pameran dagang ini menyajikan penawaran pameran dan tren industri ke publik Indonesia untuk membuka peluang bisnis baru di pasar Indonesia, yang memiliki potensi tinggi.
Giovanna Ceolini, Presiden MICAM mengatakan dalam konteks geopolitik yang diwarnai ketidakpastian di mana pasar cenderung menutup diri, MICAM memainkan peran mendasar sebagai platform untuk perbandingan antara produksi dan distribusi dunia di sektor alas kaki.
“Antara industri kreativitas dan kemampuan menerjemahkan ide estetika menjadi produk jadi, kemudian mendukung masuknya koleksi alas kaki terbaik di pasar internasional,” ujar Ceolini di Jakarta.
Indonesia adalah produsen alas kaki terbesar kelima di dunia dan pusat kekuatan ekonomi yang berkembang pesat. Kolaborasi antara MICAM dan Indonesia Fashion Week bertujuan untuk meletakkan dasar bagi dialog yang konstruktif antara generasi desainer muda dan industri manufaktur Italia dan Eropa.
“Manufaktur Eropa, pasar internasional tengah mencari figur-figur kreatif baru yang mampu mendongkrak ekspor dan keunggulan manufaktur perusahaan-perusahaan kami. Indonesia merupakan peluang penting yang harus dimanfaatkan, dengan margin pertumbuhan yang signifikan,” lanjut Ceolini.
Ceolini mengatakan kemitraan dengan Indonesia Fashion Week pihaknya ingin mengonsolidasikan hubungan antara dua negara yang saling melengkapi. Di kesempatan ulang tahun MICAM ke-100, pihaknya memberikan penghargaan kepada dua desainer muda Indonesia terbaik.
“Keduanya mengikuti spesialisasi di sekolah desain sepatu bergengsi sebagai bagian dari proyek MICAM Academy,” ujarnya.
Acara teaser yang akan diselenggarakan bersamaan dengan Jakarta Fashion Week ini akan menjadi kesempatan untuk bertemu dengan para pembeli, distributor, dan pengecer setempat. MICAM juga mempersembahkan ke komunitas mode setempat perpanjangan dari Proyek Akademi MICAM untuk menjembatani Italia dan Indonesia.
Sebuah program beasiswa bergengsi yang ditujukan bagi dua mahasiswa desain mode Indonesia yang akan diberikan kesempatan untuk mengikuti kursus intensif tingkat lanjut selama 10 minggu untuk desain koleksi alas kaki di Sekolah Arsutoria di Milan, salah satu sekolah paling terkenal di dunia dalam bidang tersebut.
“Proyek ini merupakan kesempatan unik bagi para talenta muda Indonesia untuk membenamkan diri dalam budaya alas kaki berkualitas tinggi khas Italia,” ucap Ceolini.
“Ini bukan hanya momen pelatihan, tetapi juga jembatan budaya yang sesungguhnya antara kedua negara kita, yang akan membantu menyebarkan pengetahuan dan hasrat untuk Made in Italy juga di antara generasi baru creator Indonesia,” imbuhnya.
Claudia Sequi, Presiden MIPEL berkomentar Sinergi antara MIPEL dan MICAM, dua pameran dagang internasional yang unggul di sektor barang dari kulit dan alas kaki, merupakan kekuatan strategis yang luar biasa dengan tujuan untuk mempromosikan kreativitas dan inovasi yang dimiliki merek Italia dan juga merek internasional.
“Kolaborasi dengan Indonesia Fashion Week memungkinkan kami untuk lebih memperkuat visi sinergis ini dan merupakan peluang besar tidak hanya untuk visibilitas, tetapi juga untuk pertumbuhan bersama di sektor strategis bagi Italia dan Indonesia,” katanya.
Claudia menambahkan pasar yang muda, dinamis, dan berkembang seperti pasar Indonesia merupakan tempat yang ideal untuk memulai sinergi baru, pertukaran budaya, dan peluang bisnis. Menampilkan diri kita bersatu dalam konteks ini berarti tidak hanya meningkatkan keterampilan khas masing-masing salon, tetapi juga mengirimkan pesan yang jelas dan kuat.
“Italia percaya pada dialog antarbudaya, pada kontaminasi kreatif, dan pada potensi internasionalisasi sebagai pengungkit fundamental untuk membangun hubungan bisnis yang solid dan langgeng yang mampu menghasilkan nilai bersama,” imbuhnya.
Poppy Dharsono, Presiden Indonesia Fashion Week mengatakan ini merupakan suatu kehormatan dan kebanggaan besar bagi Indonesia Fashion Week 2025 untuk menjadi tuan rumah bagi MICAM dan MIPEL dalam pratinjau eksklusif ini.
“Kolaborasi ini tidak hanya merupakan perayaan keterampilan dan dialog internasional, tetapi juga peluang yang menjanjikan bagi pertumbuhan ekonomi bersama, khususnya dalam industri fesyen kulit,” kata Poppy.
Lebih lanjut Poppy mengatakan pihaknya percaya ini adalah waktu yang tepat bagi Italia, ikon sejarah keunggulan dalam fesyen, untuk mengonsolidasikan kehadirannya di kawasan Asia-Pasifik, khususnya di Indonesia, pasar yang dinamis dengan lebih dari 285 juta penduduk.
Dengan pengetahuan teknis dan kolaborasi yang ditawarkan, termasuk program beasiswa, pihaknya yakin bahwa kemitraan ini akan mempercepat pengembangan industri kulit di Indonesia, sekaligus membuka pasar baru dan luas bagi merek-merek Italia.
“Bersama-sama, kita membangun masa depan yang lebih kuat bagi industri alas kaki dan barang-barang dari kulit, yang didirikan atas dasar tradisi, didorong oleh keahlian, dan terinspirasi oleh inovasi.”
Paolo Pinto, Direktur Badan Perdagangan Italia di Jakarta, menyimpulkan, pada tanggal 29 Mei pihaknya merayakan Hari Buatan Italia dalam rangka Pekan Mode Indonesia, salah satu acara internasional terpenting di sektor ini.
Sebagai dari kebijakan promosi terpadu Kedutaan Besar Italia, pihaknya telah menyelenggarakan pertemuan di mana perwakilan Assocalzaturifici akan berbicara untuk mempromosikan industri alas kaki dan barang dari kulit Italia dan untuk meningkatkan perhatian Indonesia terhadap pameran sektor MICAM dan MIPEL, yang akan diadakan di Milan pada bulan September.
“Sebagai bagian dari perayaan yang sama pada tanggal 30 Mei, CEO Pitti Immagine Raffaello Napoleone juga berbicara, diundang oleh Institut Kebudayaan Italia dan Poppy Dharsono, penyelenggara Pekan Mode Indonesia.”
Dalam pidatonya, Dr. Napoleone akan dapat menjelaskan kegiatan perusahaan yang dipimpinnya dan upayanya untuk mempromosikan desain dan mode Italia di seluruh dunia. Teaser, yang akan diadakan bersamaan dengan Pekan Mode Jakarta, menjadi kesempatan untuk bertemu dengan pembeli, distributor, dan pengecer lokal.
MICAM juga akan memperkenalkan kepada operator perluasan Proyek Akademi MICAM yang akan menjembatani Italia dan Indonesia. Program beasiswa bergengsi yang ditujukan untuk dua mahasiswa desain busana Indonesia.
“Inisiatif ini menawarkan kesempatan untuk mengikuti kursus intensif selama 10 minggu yang didedikasikan untuk desain koleksi alas kaki di Sekolah Arsutoria di Milan, salah satu sekolah paling terkenal di dunia dalam bidang tersebut.”