Follow Eventguide.id untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel
EVENTGUIDE.ID – Surabaya dalam beberapa tahun terakhir telah menunjukkan pertumbuhan yang signifikan di sektor industri makanan dan minuman.
Mendukung perkembangan tersebut, Pameran Internasional EastFood (IIFEX) dan EastPack Surabaya 2025 resmi dibuka pada 12 Juni 2025 di Grand City
Convention Hall, Surabaya, dan akan berlangsung hingga 15 Juni 2025.
Pameran ini menghadirkan lebih dari 180 peserta, termasuk 30 pelaku UMKM. Selama empat hari penyelenggaraan, lebih dari 20.000 pengunjung ditargetkan hadir untuk menjajaki peluang kolaborasi, pengembangan bisnis, serta inovasi dan investasi di sektor makanan dan pengemasan.
Daud D. Salim, Chief Executive Officer
Krista Exhibitions, menyampaikan bahwa partisipasi internasional yang semakin kuat mencerminkan posisi Surabaya yang kian strategis dalam jaringan industri makanan dan kemasan regional.
“EastFood dan EastPack Surabaya tidak hanya menjadi etalase produk dan teknologi, tetapi juga wadah strategis untuk mempertemukan pelaku industri lintas sektor dan negara. Pameran ini kami desain sebagai wadah bagi terciptanya kolaborasi nyata, pertumbuhan usaha, dan inovasi berkelanjutan,” kata Daud D. Salim
“Krista Exhibitions berkomitmen mendukung pelaku industri lokal, maupun UMKM Jawa Timur, agar dapat memperluas jangkauan pasar dan meningkatkan daya saing di tingkat global,” sambungnya.
Pameran EastFood (IIFEX) dan EastPack Surabaya 2025 ini juga dimeriahkan dengan berbagai program menarik, termasuk demo masak oleh chef ternama, Chef Bashiruddin & Chef Feina, Chef Rudy, Chef Heru, Chef Merry, Chef Risna & Chef Niken, Chef Dafi & Chef Tian, Chef Maolana, Chef Achen, Chef Andik, Chef Long, Chef Muto, Chef Forest, serta Chef Lusia.
Adapula seminar bisnis kuliner, dan sesi edukatif lainnya yang mempertemukan inovasi global dengan kekayaan kuliner lokal dengan menghadirkan Chef Secret Culinary Studio Workshop.
Program ini menghadirkan serangkaian kelas istimewa yang mempertemukan teknik kuliner internasional dengan kekayaan tradisi lokal. Di sesi “How to Win at Pastry-Culinary Competitions”, peserta akan mempelajari langsung tip dan trik dari para chef pemenang kompetisi internasional tentang bagaimana menyiapkan diri hingga meraih kemenangan.
Pecinta kuliner Nusantara akan dimanjakan dengan kelas Aneka Kue Basah serta Kombinasi Aneka Kue Modern dan Tradisional, yang dipandu oleh Chef Achen, legenda hidup dalam dunia kue tradisional Indonesia.
Bagi para pelaku usaha kafe
dan restoran, ada sesi Chocolate Drinks, yang mengajarkan cara
membuat kreasi minuman cokelat dipadu es krim yang menggoda selera.
Ada pula Gelato Sushi, inovasi unik hasil kolaborasi dua chef peraih Gold Medal Gelato Dessert Asia 2024, Chef Caesar Andry P. dan Chef Andy Ramadhan.
Tak ketinggalan, sesi Japanese Roll Cake menghadirkan teknik pembuatan bolu gulung Jepang yang lembut tanpa emulsifier. Lalu, Bika Ambon Mousse Cake yang memadukan cita rasa klasik kue tradisional Indonesia dengan teknik mousse cake ala Prancis.
Hasilnya sajian penutup ini terlihat elegan dan menggugah selera.
Sesi Business Matching menjadi salah satu agenda unggulan dalam pameran
ini untuk menjembatani langsung para pelaku industri makanan, minuman, dan pengemasan dengan calon distributor, mitra strategis, hingga investor potensial.
Dirancang secara khusus untuk menciptakan peluang kolaborasi nyata, program ini menjadi wadah efektif dalam memperluas jejaring bisnis lintas sektor dan mempererat koneksi antarnegara.
Kesuksesan penyelenggaraan Eastfood IIFEX dan EastPack Surabaya 2025 tidak lepas dari dukungan berbagai pihak, termasuk Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Kementerian Perindustrian, Kementerian Perdagangan, serta Pemerintah Provinsi Jawa Timur.
Dukungan juga dari organisasi dan asosiasi industri seperti Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia, Gabungan Produsen Makanan Minuman Indonesia (GAPMMI), Indonesian Packaging Federation (IPF) dan masih banyak lagi.
Pengunjung dapat datang ke pameran setiap hari pada pukul 10.00-19.00 WIB.
Tiket masuk dapat dibeli langsung
di lokasi seharga Rp 100.000,- untuk akses selama empat hari pameran.
Informasi lebih lanjut dan pendaftaran, di situs resmi: https://register.kristaonline.com/visitor/eastfood