Follow Eventguide.id untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel
EVENTGUIDE.ID — Saudi Tourism Authority menggelar Visit Saudi Travel Fair untuk menarik wisatawan Indonesia. Travel Fair digelar pada 12–16 November 2025 di Gandaria City, Jakarta.
Dengan mengusung tema “Discover the Soul of Arabia”, acara ini menghadirkan pengalaman imersif yang mengajak pengunjung menjelajahi keajaiban alam Saudi yang memukau, kekayaan budaya, ajang olahraga kelas dunia, serta berbagai pengalaman sepanjang tahun.
Sebanyak 18 booth ikut dalam Travel Fair kali ini, dari Arab Saudi dan Indonesia. Menyuguhkan berbagai penawaran perjalanan eksklusif, sesi bincang menarik, pertunjukan budaya, instalasi foto interaktif, serta hadiah spesial bagi pengunjung.
Pengunjung dapat menikmati diskon hingga 35% untuk penerbangan domestik Saudia Airlines ke sembilan destinasi, serta penerbangan internasional mulai dari IDR10 juta dari Jakarta dan Bali. Tersedia juga diskon hingga 10% untuk penerbangan Garuda Indonesia ke Saudi, sehingga perjalanan menjadi lebih mudah dijangkau dan terjangkau bagi wisatawan Indonesia.
Para pengunjung juga dapat menikmati hemat hingga Rp5 juta untuk paket tour wisata dan Umrah ke Saudi, diskon hingga 50% untuk menginap di hotel-hotel di seluruh Saudi, serta kemudahan cicilan 0% dengan kartu kredit BSI Hasanah dan diskon hingga IDR7 juta.
Selain itu, pengunjung yang membuka rekening tabungan BSI baru selama acara berlangsung mendapatkan merchandise eksklusif, menambah nilai lebih dalam pengalaman mereka di Visit Saudi Travel Fair.
Seperti dalam travel fair tahun lalu, layanan pengurusan visa di lokasi hadir kembali tahun ini, memberikan pengalaman lebih lancar bagi wisatawan Indonesia.
Pengunjung juga dapat mengajukan visa turis Saudi secara langsung pada booth Tasheer dan menikmati proses yang dipercepat, memastikan perjalanan mereka dimulai dengan mudah.
Sebagai bagian dari aktivitas imersif, para pengunjung dapat menjelajahi keramahan dan warisan budaya Saudi melalui berbagai pertunjukan langsung, termasuk ritual kopi dan kurma tradisional Saudi yang menyoroti budaya keramahan khas Kerajaan, penampilan pemain oud yang memperkenalkan kekayaan musik Saudi, serta pengalaman kaligrafi interaktif di mana pengunjung dapat membuat souvenir pribadi.
Ardah, pertunjukan kelompok tradisional Saudi yang memadukan tarian pedang, tabuhan drum, dan lantunan puisi, semakin menampilkan semangat persatuan dan kebanggaan yang menjadi inti tradisi Saudi.
Bagi yang datang bersama keluarga, ada area bermain khusus anak-anak, sehingga pengunjung dari semua usia dapat menikmati Visit Saudi Travel Fair.
Mengusung konsep imersif, Visit Saudi Travel Fair mengundang para pengunjung untuk menjelajahi koleksi destinasi paling memukau di Saudi.
Sorotan utama meliputi AlUla, museum terbuka yang menakjubkan dengan formasi bebatuan dan lanskap gurun yang monumental; AlBaha, kawasan pegunungan indah yang dikenal dengan iklim sejuk dan kedekatannya dengan Makkah; serta UNREAL Calendar, kampanye global yang menampilkan ikon sepak bola dunia Cristiano Ronaldo, yang merayakan rangkaian acara olahraga, budaya, dan hiburan yang dinamis di Saudi.
Mulai dari menjadi tuan rumah berbagai kompetisi bergengsi seperti WTA Finals di Riyadh, Formula 1 Saudi Arabian Grand Prix, hingga Italian Super Cup, hingga menyambut ikon sepak bola internasional dan berbagai rekor acara dunia, Saudi kini menjelma menjadi arena olahraga kelas dunia sepanjang tahun.
Semangat olahraga ini juga dilengkapi dengan perayaan budaya seperti Riyadh Season, yang tahun ini menghadirkan Paviliun Indonesia di Boulevard World, serta Winter at Tantora dan Jeddah Winter Wonderland, yang bersama-sama menciptakan perpaduan memukau antara olahraga, budaya, dan inovasi—mengundang wisatawan untuk tinggal lebih lama dan menikmati lebih banyak pengalaman.
“Indonesia merupakan pasar yang sangat penting bagi kami, disatukan oleh kedekatan spiritual dan budaya, serta rasa ingin tahu masyarakatnya yang semakin besar untuk menjelajahi berbagai keindahan yang dimiliki Saudi,” ujar Eyad Jan, Southeast Asia Market Unit Senior Director, Saudi Tourism Authority. “Melalui Visit Saudi Travel Fair, kami ingin berbagi keindahan, keragaman, dan keramahan khas Saudi, serta mengundang wisatawan Indonesia untuk menemukan Soul of Arabia dan merasakan kehangatan yang menjadi ciri khas negara kami.”
Sebagai negara dengan populasi Muslim terbesar di dunia, mewakili 11,7% dari populasi Muslim global, Indonesia merupakan salah satu pasar pariwisata terpenting dan berkembang pesat bagi Saudi. Saudi kini menempati peringkat kedua di antara lima besar destinasi luar negeri favorit wisatawan Indonesia, dengan 1,6 juta kunjungan dari Indonesia pada tahun 2024, meningkat 6,7% dari tahun sebelumnya, setelah lonjakan 36% pascapandemi pada 2022.
Perjalanan antara kedua negara kini semakin mudah dengan hadirnya tiga maskapai penerbangan langsung, yakni Saudia Airlines, Lion Air, dan Garuda Indonesia, yang melayani rute dari sembilan kota di Indonesia: Jakarta, Solo, Surabaya, Medan, Palembang, Bali, Makassar, Padang, dan Batam. Dengan kemudahan eVisa dan Visa on Arrival, konektivitas yang semakin luas ini mengundang wisatawan Indonesia untuk menjelajahi petualangan baru dan merasakan langsung jiwa Arabia yang sesungguhnya.
‘Saudi, Welcome to Arabia’
‘Saudi, Welcome to Arabia’ adalah merek konsumen yang dinamis, didedikasikan untuk memperkenalkan Saudi kepada dunia dan mengundang para wisatawan menjelajahi seluruh pesona yang ditawarkan.
Peran merek ini adalah mendorong kemajuan industri pariwisata melalui kampanye peningkatan kesadaran, serta menyediakan informasi dan sumber daya lengkap bagi wisatawan untuk merencanakan dan menikmati perjalanan yang tak terlupakan.
Sebagai destinasi dengan pertumbuhan tercepat di dunia, Saudi, jantung Arabia, menjadi tujuan baru paling menarik untuk dikunjungi sepanjang tahun.


















