Follow Eventguide.id untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel
EVENTGUIDE.ID – PT Kereta Api Pariwisata (KAI Wisata) sebagai pengelola Tenaga Alih Daya (Frontliner) memastikan kesiapan penuh layanan frontliner dalam menghadapi masa Angkutan Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2025/2026.
Kesiapan ini mencakup wilayah operasional Daerah Operasi (Daop) 1 hingga Daop 9 serta Divisi Regional (Divre) I hingga IV, untuk memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan selama periode libur akhir tahun.
“Nataru merupakan momentum strategis yang menuntut kesiapan sumber daya manusia, khususnya petugas frontliner yang berhadapan langsung dengan pelanggan,” kata Direktur Utama KAI Wisata Hendy Helmy.
Berdasarkan data kesiapan tahun 2026, KAI Wisata menyiagakan total 824 petugas frontliner, yang terdiri dari 193 Customer Service on Station (CSOS), 490 Ticketing Officer, dan 141 Announcer. Petugas tersebut tersebar merata di Daop 1 sampai Daop 9 serta Divre I hingga Divre IV.
“Penyebaran petugas ini dirancang untuk memastikan kelancaran layanan informasi, penjualan tiket, asistensi pelanggan, serta penyampaian informasi perjalanan secara akurat dan responsif selama periode Nataru,” imbuh Hendy.
VP Corporate Secretary KAI Wisata Otnial Eko Pamiarso menambahkan kesiapan frontliner juga dibarengi dengan penguatan koordinasi dan standar layanan untuk memastikan seluruh frontliner telah dibekali pemahaman layanan, komunikasi publik, serta kesiapan operasional agar mampu memberikan rasa aman dan nyaman bagi pelanggan.
“Pelayanan yang konsisten dan humanis menjadi kunci menjaga kepercayaan masyarakat,” ujarnya.
KAI Wisata juga terus mengedepankan keselamatan, nilai service excellence, serta keramahan sebagai bagian dari komitmen menghadirkan pengalaman perjalanan yang berkesan, khususnya bagi pelanggan kereta wisata, layanan pendukung stasiun, dan destinasi wisata yang dikelola.
“Kami ingin memastikan setiap pelanggan yang bepergian bersama KAI Wisata pada masa Nataru merasakan pelayanan yang hangat, sigap, dan berkelas,” pungkas Hendy.




















