Bisnis waralaba menjadi salah satu sektor ekonomi yang menjanjikan bagi para pelaku bisnis.
Munculnya merek-merek lokal dan internasional yang berkualitas juga menjadi salah satu faktor penguat posisi Indonesia dalam pasar franchise global dimana bisnis waralaba Indonesia tumbuh hingga 5% pada 2021.
The 21st International Franchise, License and Business Concept Expo and Conference (IFRA) 2023, pengunjung mendapatkan wawasan mendalam serta informasi mengenai perkembangan dalam industri waralaba.
Mendukung perkembangan industri waralaba, pameran IFRA Business Expo 2023 yang diselenggarakan oleh Dyandra Promosindo bersama Asosiasi Franchise Indonesia (AFI) diisi dengan berbagai sesi inspiratif, presentasi bisnis, talkshow, celebpreuneur talkshow, dan lucky draw event.
Anang Sukandar selaku Ketua AFI mengatakan, pihaknya sangat senang dan bangga dapat mendukung berjalannya acara IFRA Business Expo 2023 sebagai platform terbesar untuk pelaku bisnis dalam industri waralaba Indonesia.
“Kolaborasi yang tercipta di pameran ini oleh pelaku bisnis dan calon pengusaha akan membawa dampak positif dalam pertumbuhan industri waralaba Indonesia,” kata Anang Sukandar.
Pada hari pertama The 21st IFRA Business Expo 2023 pengunjung disuguhkan edukasi-edukasi menarik dengan acara di main stage yang diramaikan oleh business presentation dari Bakso Kampungqu, EF Kids & Teens Indonesia, Netto Laundromart, Telkomsel, Link Express, dan AFFA Intellectual Property Rights.
Terdapat juga business talkshow bersama Michele Liong dengan tema “Optimize Your Business With Extraordinary Chat Solution” dari TapTalk.io dan Ellin Mahaya dari Womanpreneur Community dengan tema “Membangun Bisnis Berkualitas & Berdaya Saing”.
Ada juga business presentation dari Pisang Goreng Sultan, Gaido Travel & Tours, Melia Laundry & Dry Cleaning, BP AKR, Mandiri, Telkomsel, dan Maxpress Laundromat setelah itu berakhir dengan interactve quiz and lucky draw yang dilakukan setiap hari selama pameran di mainstage.
Di pameran yang bertemakan “Business Ideas to Inspire You” juga menghadirkan business classroom area untuk memperoleh ilmu melalui business classroom oleh Bije Widjajanto membahas “Memulai Bisnis Sendiri dari Rumah di Tengah Keluarga”.
Lalu retirees seminar oleh Utomo Njoto dengan tema “Be Happy After 50. Get Richer, Get Ready Now!” dan oleh Fulki Anwar dengan tema “Pejuang Investasi di Penghujung Tahun 2023”.
Para pengunjung juga berkesempatan menyaksikan berbagai business talkshow dari pelaku bisnis seperti James Mok, Edho Zell, celebpreneur talkshow bersama Denny Sumargo, business classroom oleh Djoko Kurniawan bertema “Membangun Sistem Franchise Secara Benar” dan Pietra Sarosa dengan tema “Tips & Trik Sukses Berbisnis Franchise”, presentation oleh cloud kitchen, dan retirees seminar dari Mandiri.
“IFRA Business Expo tahun ini adalah bukti potensi yang dimiliki oleh industri franchise di Indonesia. Kami senang melihat para pengunjung dapat berkumpul dan interaksi langsung dengan para pemain industri waralaba yang sudah berpengalaman di bidangnya,” ucap Mega Khoriani selaku Project Manager IFRA 2023.
“Mereka saling berbagi ide dan membangun motivasi berbisnis dan itu menjadi momen penting untuk mengembangkan industri waralaba di Indonesia kedepannya,” tutupnya.