Pameran akbar otomotif Indonesia International Motor Show (IIMS) pada 15-25 Februari 2024 di JIExpo Kemayoran Jakarta menjadi ajang unjuk karya terbaru produsen otomotif ternama.
Terpantau sebanyak 188 (seratus delapan puluh delapan) participants dan 53 (lima puluh tiga) brand termasuk 23 (dua puluh tiga) brand kendaraan roda empat dan 30 (tiga puluh) brand kendaraan roda dua dan Electric Vehicle (EV) yang berpartisipasi di IIMS 2024 memadati seluruh area JIExpo Kemayoran.
Seluruhnya berlomba-lomba menarik atensi pengunjung dengan menghadirkan terobosan terbaru pada produknya dan meluncurkan peluncuran produk terbarunya.
Di hari pertama Kamis (15/2/2024), sebanyak 10 (sepuluh) merk otomotif kendaraan roda empat dan dua ternama meluncurkan produk terbaru sebagai bentuk inovasi produsen untuk memenuhi gaya hidup masyarakat.
Mulai dari brand Hyundai dengan line up EV Ioniq 5 Batik dan Kona Electric, hingga VinFast dan BYD pendatang baru produsen kendaraan roda empat listrik yang pertama kali menginjakkan kaki di perhelatan IIMS dan juga pasar Indonesia.
Lalu ada Suzuki yang merilis produk inovasi dari line up andalannya, Jimny 5 pintu. Meski berkonsep petualangan yang identik dengan kegagahan, Jimny 5 pintu tetap mengedepankan kenyamanan pengguna pada kursi penumpang/row 2nd seat.
Selanjutnya, kemeriahan datang dari panggung Hyundai. Kali ini, Hyundai memamerkan kendaraan EV, Ioniq 5 Batik dan Kona Electric. Konsep teknologi yang dihadirkan oleh Hyundai adalah, Hyundai SEVEN Concept.
Kendaraan kelas premium dari Eropa, BMW, juga memamerkan unit EV terbaru nya yaitu, The BMW iX XDrive 50 sport dan BMW iX1. Keduanya tampil gagah nan menawan, memadukan kemewahan dan kenyamanan sejati. Keanggunan line up BMW iX xDrive50 Sport dan BMW iX1 eDrive20 M Sport.
Selanjutnya, MINI meluncurkan produk eksklusif dan paling stylish, yakni Mini Clubman Final Edition yang hanya tersedia 50 unit di Indonesia.
Morris Garage turut meluncurkan produk MG Maxus 9 EV, mobil 7 penumpang mewah nan ramah lingkungan, dan MG ES EV yang ikonik dengan desain station wagon.
Mengusung konsep, charge up the future, charge up the nation, keunggulan mobil listrik MG adalah kemampuan fast charging dalam kurun waktu hanya 36 menit saja.
Unit MG Maxus 9 dilengkapi dengan Temperature Seats, Massage Seats, dan Sunroof. Sedangkan, unit MG ES EV mampu fast charging dengan kapasitas mencapai 0-80% dalam 40 menit, dengan kapasitas baterai 51 kWh untuk jarak tempuh 412 km.
VinFast, produsen mobil listrik asal Vietnam juga tidak mau ketinggalan. Vinfast memperkenalkan model VF 5, VF e34, VF 6, VF 7, VF 8, dan VF 9 yang sudah memiliki konfigurasi setir kanan.
Diketahui, VinFast memiliki misi menjadi pemain global electric vehicle, dengan visi misi membawa lingkungan hijau ke semua orang. VinFast juga merupakan merek kendaraan listrik pertama di Asia Tenggara yang mencakup mulai dari bus, skuter, sepeda, kendaraan penumpang, dan lainnya.
Menariknya, VinFast menjanjikan akan membuat pabrik di Indonesia dengan target produksi 50.000 mobil setiap tahunnya, dan akan membuat stasiun pengisian daya listrik (SPKLU) dengan cara berkolaborasi bersama pemain lokal Tanah Air.
Masih dari kawasan Asia, produsen kendaraan listrik Wuling Motors dan BYD menyapa masyarakat Indonesia di awal tahun 2024. Wuling, meluncurkan produk mobil listrik Cloud EV (medium hatchback) khusus untuk produk yang akan dipasarkan secara lokal di Indonesia.
Di sisi lain, BYD produsen otomotif dari Tiongkok turut meluncurkan line up listrik anyar,Denza 09, dan mengumumkan sudah memiliki 8 Flagship Showroom.
Mitsubishi sudah memulai produksi L100 EV di pabrik Indonesia, dan menampilkan unit yang merupakan hasil kerja sama dengan PT Pos Indonesia untuk program Green Logistics yang ramah lingkungan.
L100 EV kali ini lebih murah, efisien, nyaman dan ukurannya compact, cocok untuk kendaraan operasional.
Honda turut meluncurkan produk terbarunya, New Honda BRV N7X Edition. Kali ini, warna yang disediakan yaitu ada warna khaki sebagai warna best seller Honda.
Kemudian, Mitsubishi kembali memamerkan Mitsubishi X FORCE. Tak hanya meluncurkan produk EV, Hyundai turut memperkenalkan Creta Alpha. Meskipun merupakan kendaraan bermesin konvensional, Creta Alpha, mengusung konsep, “Say No To Ordinary” dengan 3 warna; White matte, Black matte, dan Silver matte. Diketahui, unit Creta sendiri telah terjual >25.000 unit, sejak dirilis ke masyarakat.
Gemerlap pasar otomotif Indonesia yang sangat menjanjikan tersebut terpapar luas di Hall A-D JIExpo Kemayoran, yang diisi oleh brand otomotif roda empat.