Follow Eventguide.id untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel
EVENTGUIDE.ID – Wamenekraf Irene Umar Irene mengapresiasi The Pokemon Company yang menginspirasi kekayaan intelektual atau intellectual property (IP) lokal tumbuh.
Irene menegaskan kemitraan terhadap The Pokemon Company dan semua pihak yang terlibat harus semakin mendekatkan budaya Indonesia dengan IP global.
“Banyak hal yang bisa kita pelajari dari The Pokemon Company. Ini jadi kebanggaan terhadap para pejuang ekraf untuk merasakan betapa penting HAKI (Hak Atas Kekayaan Intelektual) yang diciptakan,” jelas Irene saat menghadiri konferensi pers “Future Plans for Indonesia 2025” di Jakarta.
“Kehadiran Pokemon di Indonesia punya potensi pasar signifikan seperti dalam acara dan permainan yang melibatkan komunitas lokal,” imbuhnya.
Wamenekraf menambahkan ada banyak strategi yang bisa dihadirkan untuk melibatkan penggemar Pokemon di Indonesia. Mulai dari kompetisi daring interaktif, temu penggemar eksklusif, hingga ketersediaan konten yang memastikan para penggemar Pokemon di Indonesia selalu update tren terbaru. Dalam jumpa pers itu sendiri, karakter Pokemon hadir dengan busana motif batik.
“Kolaborasi dengan IP lokal untuk kembangkan ekosistem Pokemon bisa jangkau komunitas lokal untuk mulai main board game Pokemon secara bersama dan kompetisi spesial lain,” ujarnya.
Ekonomi kreatif menurut Irene bisa dimaksimalkan dengan peningkatan akses ke merchandise Pokemon di seluruh Indonesia.
“Merchandise is a part of IP. Kita buat katalog (database) dari produk-produk ekraf seperti merchandise yang menarik perhatian banyak orang sehingga terjual lebih luas,” imbuhnya.
The Pokemon Company secara resmi juga mengumumkan proyek baru di Indonesia melalui kemitraan dalam berbagai bidang seperti olahraga, penerbangan, dan hiburan sehingga Pokemon bisa tampil menyenangkan ke publik.
Proyek-proyek ini bertujuan menyediakan pengalaman spesial bagi kalangan dari berbagai umur yang disesuaikan dengan budaya dan gaya hidup di Indonesia.
Salah satunya, Garuda Indonesia yang telah menjadi mitra Kementerian Ekonomi Kreatif sekaligus The Pokemon Company. Garuda Indonesia terus melakukan inisiatif berkelanjutan untuk memberi nilai tambah bagi penumpang khususnya dalam menghadirkan pengalaman penerbangan yang beda.
“Upaya maskapai ini sebagai flag carrier yang mempromosikan keunikan dan kekayaan ragam pariwisata Indonesia ke kancah dunia melalui kemitraan strategis berbagai sektor industri, termasuk sektor ekonomi kreatif,” ujar Ade R. Susardi, Direktur Niaga Garuda Indonesia dalam kesempatan yang sama.
Selain itu ada pula peluncuran mesin permainan baru Pokemon Mezastar, merilis lagu ‘Makna Dunia’ untuk animasi menjadi bagian Pikachu Jet ke-2 dengan Garuda Indonesia, Pokemon Day bersama Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI), dan Pikachu’s Indonesia Journey 2025.