
Follow Eventguide.id untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel
EVENTGUIDE.ID – Menteri Ekonomi Kreatif, Teuku Riefky Harsya bersama Dirut PT Kereta Api Indonesia (KAI), Didiek Hartantyo meluncurkan branding tematik Karakter Komik Lokal pada stasiun dan gerbong kereta api secara serentak, Jumat (14/3/2025).
Karakter Komik (IP Lokal) yang dihadirkan ‘Si Bedil, Tuti & Friends’, dan ‘Ga Jelas’ ini diharapkan dapat memberikan experience mudik dengan suasana baru yang menyenangkan.
Menekraf Teuku Riefky Harsya mengatakan Kemenekraf akan terus memfasilitasi para kreator untuk dapat semakin tampil dan dikenal melalui kolaborasi dengan berbagai pihak, termasuk kerjasama dengan KAI di Stasiun Gambir pada hari ini.
“Pemerintah meyakini bahwa Industri Kreatif dapat menciptakan lapangan kerja berkualitas bagi generasi muda sekaligus berkontribusi terhadap target pertumbuhan ekonomi 8 persen,” jelas Menekraf Teuku Riefky.
Sebelumnya, Kemenekraf telah berkolaborasi melalui aktivasi game corner di Bandara Soekarno-Hatta, kolaborasi IP Webcomic Tahilalats dengan Garuda Indonesia, dan IP animasi wayang Desa Timun di TMII. Sedang dalam tahap koordinasi dengan Kementerian Perhubungan untuk aktivasi selanjutnya pada Terminal dan Pelabuhan.
Didiek Hartantyo, Direktur Utama KAI menyampaikan apresiasinya atas kerjasama ‘sat-set’ bersama Kemenekraf yang merupakan penanda bahwa PT Kereta Api Indonesia akan terus beradaptasi dan berinovasi dengan kolaborasi kreatif seperti ini.
“Kami akan menyajikan customer experience yang unik dan menyenangkan dari satu titik ke titik stasiun lain, sesuai dengan tagline mudik tahun ini, yaitu ‘Kereta Melaju, Rindu Menggebu’. Semoga kerjasama ini dapat bangkitkan ekonomi kreatif sekaligus mendukung ekosistem transportasi di Indonesia yang lebih berdaya saing,”ujar Didiek Hartantyo.
Didiek menambahkanuntuk tahap pertama branding IP karakter Komik Lokal tersebut akan dilakukan serentak di 11 stasiun.
Diantaranya Gambir, Pasar Senen, Bandung, Cirebon, Semarang Tawang Bank Jateng, Purwokerto, Yogyakarta, Solo Balapan, Madiun, Surabaya Gubeng, dan Jember.
“Selain ada pada 5 rute kereta seperti Jakarta-Surabaya, Bandung-Surabaya, Jakarta-Malang, Jakarta-Banyuwangi, dan Jakarta-Jogjakarta,” imbuhnya.
Seperti diketahui gagasan ini diinisiasi oleh Kemenko Infrastruktur kepada Kemenekraf melalui aktivasi ruang publik seperti Bandara, Stasiun, Terminal, dan Pelabuhan.
Ditempat- tempat tersebut bakal ditampilkan berbagai hasil karya industri kreatif anak bangsa, khususnya pada momentum Ramadan dan mudik lebaran 2025.