Follow Eventguide.id untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel
EVENTGUIDE – Tren perjalanan di kawasan Asia-Pasifik terus menunjukkan peningkatan, seiring dengan semakin banyaknya wisatawan yang antusias menjelajahi destinasi baru dan mencari pengalaman yang bermakna.
Berdasarkan data dari Traveloka, platform perjalanan all-in-one terdepan di Asia Tenggara, Indonesia, Thailand, dan Vietnam, ada tiga destinasi yang paling banyak dicari oleh jutaan wisatawan Asia-Pasifik selama kampanye EPIC Sale 2025.
Kampanye tersebut telah berlangsung pada 22 April hingga 5 Mei 2025, menawarkan potongan harga hingga 60% untuk tiket pesawat, akomodasi, hingga beragam atraksi wisata.
Diluncurkan secara serentak di tujuh pasar utama Asia-Pasifik yakni Indonesia, Malaysia, Singapura, Vietnam, Thailand, Jepang, dan Australia, kampanye EPIC Sale tidak hanya menghadirkan beragam promo menarik, tetapi juga memberikan insights tentang tren dan preferensi perjalanan wisatawan yang terus berkembang.
Lebih dari sekadar angka, kampanye ini mencerminkan perubahan tren yang lebih luas: semakin banyak wisatawan yang memanfaatkan momen long weekend dan musim liburan sekolah untuk menjelajahi destinasi yang menawarkan kekayaan budaya, keindahan alam, dan pengalaman ramah keluarga.
Tak hanya Indonesia, Thailand, dan Vietnam, kampanye EPIC Sale dari Traveloka juga mencatat bahwa destinasi internasional seperti Jepang, Malaysia, dan Singapura masih menjadi pilihan favorit wisatawan di kawasan Asia Pasifik.
Sementara itu, Bali, Jakarta, Makassar, Medan, dan Yogyakarta tetap menjadi lima besar destinasi domestik yang paling diminati oleh pengguna Traveloka di Indonesia.
Temuan ini mencerminkan tingginya antusiasme masyarakat untuk menjelajahi dunia, baik melalui perjalanan internasional maupun eksplorasi dalam negeri.
Tren staycation dan liburan singkat di sekitar kota tempat tinggal terus meningkat, menunjukkan preferensi terhadap perjalanan yang lebih praktis dan fleksibel.
Berdasarkan data pencarian akomodasi, Traveloka mencatat minat yang cukup tinggi dari pengguna Indonesia untuk destinasi seperti Bandung, Bogor, Puncak, dan Jakarta.
Lokasi-lokasi ini populer untuk liburan singkat 3 hari 2 malam, dengan tujuan bersantai, mencicipi kuliner lokal, dan menikmati aktivitas seru bersama keluarga.
Temuan ini sejalan dengan tren global menuju perjalanan yang lebih conscious—di mana kenyamanan dan harga terjangkau menjadi faktor utama dalam perencanaan liburan.
Meskipun pesawat tetap menjadi moda favorit untuk perjalanan jarak jauh, preferensi akomodasi kini semakin beragam.
Selama periode EPIC Sale, lima tipe akomodasi yang paling banyak dipesan oleh wisatawan Indonesia adalah hotel, resort, apartemen, vila, dan guesthouse.
Keragaman ini menunjukkan meningkatnya permintaan terhadap pilihan penginapan yang fleksibel dan sesuai dengan gaya liburan masing-masing, baik untuk solo traveler, pasangan, keluarga, hingga rombongan.
Baidi Li, Vice President of Commercial, Traveloka mengatakan, “Kami memahami bahwa kini, wisatawan semakin mengutamakan nilai dari sebuah perjalanan, bukan hanya tentang harga tetapi juga seberapa relevan, fleksibel, dan kualitas pengalaman yang mereka dapatkan. Melalui inisiatif seperti EPIC Sale, kami membantu mitra menjawab ekspektasi yang terus berkembang ini dengan menghubungkan mereka pada pelanggan yang tepat melalui penawaran yang lebih personal dan sesuai kebutuhan. Kampanye ini tidak hanya berhasil mendorong engagement di berbagai pasar utama, tetapi juga memperkuat peran Traveloka sebagai mitra terpercaya yang dapat mendukung brand dalam meningkatkan visibilitas dan jangkauan mereka melalui solusi berbasis data dan berfokus pada pelanggan.”
EPIC Sale mengungkap bahwa kini wisatawan tidak hanya sekadar memesan perjalanan, tapi benar-benar mengkurasi pengalamannya selama liburan.
Di Indonesia, hal ini terlihat dari lonjakan minat terhadap berbagai aktivitas seperti Disney on Ice Jakarta, Museum Nasional Indonesia, Prambanan Jazz Festival 2025, Ramayana Ballet Prambanan, dan Cimory Dairyland Farm Theme Park.
Selain itu, wisata kapal pesiar mulai menarik perhatian, dengan semakin banyak pengguna yang mencari pengalaman berlayar unik yang memadukan hiburan, eksplorasi, dan nuansa budaya.
Dari pertunjukan seni hingga atraksi ramah keluarga dan pengalaman berlayar all-in-one, semakin banyak wisatawan yang mencari perjalanan yang tak hanya menyenangkan, tetapi juga punya kesan mendalam dan menjadi kenangan berharga.
Chad Grospe, Vice President & Managing Director – APAC, Royal Caribbean International, menyampaikan, “Saat ini, wisatawan semakin menghargai pengalaman liburan yang bermakna dan berkesan. Karena itu, mereka memilih platform terpercaya seperti Traveloka yang mampu menawarkan pengalaman perjalanan yang dikurasi dengan baik, berkualitas, dan praktis. Kolaborasi kami dengan Traveloka memungkinkan kami menjangkau lebih banyak wisatawan di seluruh kawasan Asia-Pasifik, sekaligus menginspirasi mereka untuk menjelajahi berbagai destinasi liburan khas Royal Caribbean, baik yang dekat maupun yang jauh. Kami bangga menjadi bagian dari kisah perjalanan mereka, membantu menjadikan setiap perjalanan lebih seru, bermakna, dan berkesan.”
Untuk menyambut liburan mendatang, Traveloka mengajak masyarakat untuk tetap cermat dan hemat dengan memanfaatkan promo-promo yang sedang berlangsung. Diskon besar untuk tiket pesawat, hotel, dan atraksi wisata membuka peluang untuk menciptakan pengalaman liburan yang tak terlupakan, baik di kota terdekat, destinasi dalam negeri, maupun perjalanan ke luar negeri.
Traveloka adalah platform perjalanan all-in-one terdepan di Asia Tenggara yang menghubungkan jutaan orang di seluruh dunia dengan layanan tepercaya dan berkelas dunia.
Didirikan di Indonesia pada tahun 2012, Traveloka saat ini telah beroperasi di Australia, Jepang, Malaysia, Filipina, Singapura, Thailand, dan Vietnam.
Dengan lebih dari 140 juta unduhan aplikasi dan lebih dari 40 juta pengguna aktif bulanan, Traveloka menjadi salah satu platform perjalanan terpopuler di kawasan ini.
Misi Traveloka adalah merevolusi industri pariwisata dan gaya hidup dengan menghadirkan solusi yang terintegrasi serta mudah diakses oleh pengguna untuk pemesanan penerbangan, akomodasi hotel, dan atraksi.
Dengan memanfaatkan teknologi inovatif dan pendekatan yang berfokus pada konsumen, Traveloka memiliki tujuan untuk mendefinisikan kembali cara masyarakat menjelajah dan terhubung dengan dunia, menjadikan pengalaman berwisata lebih mudah diakses dan menyenangkan bagi semua orang.