Follow Eventguide.id untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel
EVENTGUIDE.ID – PT XLSmartTelecom Sejahtera Tbk (XLSmart) berhasil meraih sejumlah penghargaan, mulai dari inovasi teknologi, kecerdasan buatan (AI), layanan pelanggan unggulan, hingga komitmen terhadap keberlanjutan lingkungan, sosial, dan tata kelola perusahaan (ESG).
Direktur & Chief Regulatory Officer XLSmart, Merza Fachys menyampaikan rangkaian penghargaan ini merupakan wujud nyata dari komitmen pihaknya untuk terus berinovasi dan memberikan layanan terbaik.
“Mulai dari pengembangan teknologi berbasis AI hingga penerapan prinsip ESG, semua langkah kami bertujuan menghadirkan dampak positif bagi pelanggan dan masyarakat. Ini bukan sekadar pengakuan, tapi juga dorongan bagi kami untuk terus menjadi yang terdepan dalam mendukung perjalanan transformasi digital Indonesia,” ujar Merza di Jakarta.
Pertama, XLSmart meraih penghargaan untuk kategori Sektor Infrastruktur Kelistrikan dan Telekomunikasi di ajang IDX Channel Anugerah ESG 2025 yang diselenggarakan oleh IDX CHANNEL, di Jakarta 4 Juli 2025.
Penghargaan ini merupakan bentuk apresiasi bagi perusahaan dan top executive yang berdedikasi dalam implementasi bisnis berkelanjutan di Indonesia.
XLSmart berhasil meraih penghargaan melalui program “Inisiatif ESG Terpadu Menuju Bisnis Telekomunikasi Berkelanjutan” yang diterima oleh Ratu Maulia Ommaya, Head Sustainability XLSmart.
Penghargaan IDX Channel Anugerah ESG 2025 didasari oleh penilaian komprehensif terhadap empat aspek Utama yaitu Lingkungan (environment), Sosial (social), Tata Kelola Perusahaan (governance), dan Inovasi dalam Keuangan Berkelanjutan (innovation in sustainable finance).
Kedua, di ajang CXtraordinary Evening 2025 yang diselenggarakan oleh Majalah Marketing berkolaborasi dengan CARRE CX Expert pada Selasa, 3 Juni 2025, di Metail Fountain Garden, Pelataran Senayan, Jakarta,
XLSmart juga berhasil meraih dua penghargaan sekaligus. Penghargaan tersebut kategori System Availability & Reliability dan Digital Care-NON-BFI (non-banking, financial, insurance).
Penghargaan CXtraordinari Tech Award diberikan kepada Yessie Dianty Yosetya, Director & Chief Information Officer XLSMART, atas kontribusinya dalam memastikan keandalan system teknologi informasi perusahaan, khususnya dalam kategori System Availability & Reliability.
XLSmart juga menerima predikat Exceptional Service Performance, dimana penghargaan ini merupakan level tertinggi untuk kategori Digital Care – NON-BFI (non-banking, financial, insurance).
Penilaian dilakukan oleh CARRE CX Expert, lembaga independen yang telah memantau lebih dari 399 contact center di Indonesia selama lebih dari dua decade, menggunakan pendekatan Index-Based Scoring dan User-Generated Content (UGC) Scrapping Analysis, yang memungkinkan evaluasi menjadi lebih holistik dan objektif terhadap kualitas layanan pelanggan.
Ketiga, XLSmart meraih penghargaan di ajang AWS Generative AI Hackathon, sebuah kompetisi inovasi teknologi berbasis Amazon Bedrock Platform yang diselenggarakan di Kuala Lumpur, Malaysia dan diikuti oleh 23 tim di tingkat regional Asia.
Kompetisi ini bertujuan mendorong pemanfaatan kecerdasan buatan generative (Generative AI). XLSmart meraih tiga penghargaan yaitu Grand Innovation Champion, Enterprise Excellence Award dan Special Recognition Award.
Keberhasilan XLSmart diraih berkat dua proyek inovatif yang dinilai memiliki dampak besar dan skalabilitas tinggi. Tim Intelligent dengan proyek “Intelligent API Routing” berhasil menyederhanakan konfigurasi API melalui natural language interface.
Sementara itu, Tim AnwarAI dengan proyek “AI-Powered Log Helpdesk” menawarkan otomatisasi proses analisis log yang dapat mempercepat troubleshooting hingga 80%, kedua proyek ini, meskipun masih dalam tahap pilot project, menunjukkan potensi besar dalam meningkatkan efisiensi operasional dan kualitas layanan.