
Follow Eventguide.id untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel
EVENTGUIDE.ID– Garuda Indonesia meluncurkan desain livery khusus HUT ke-80 RI, di Hanggar 2 GMF AeroAsia, Tangerang, Jumat, 15 Agustus 2025.
Desain ini hasil kolaborasi dengan brand lokal Cap Bali dan ilustrator muda, sebagai bagian dari dukungan terhadap ekonomi kreatif nasional.
“Ini luar biasa. Melihat karya Erika Richardo dan Rakajana pada pesawat ini, saya sangat tersentuh. Ini juga menjadi kesempatan bagi anak-anak muda lain untuk berkreasi dan mengekspresikan kreativitas mereka. Desain penuh makna ini memperlihatkan kolaborasi lintas sektor dan kreativitas yang mampu menghasilkan karya inspiratif bagi generasi muda,” ujar Wakil Menteri Ekonomi Kreatif (Wamen Ekraf), Irene Umar.
Wamen Ekraf menilai kolaborasi ini sebagai wujud nyata dukungan terhadap kreativitas anak bangsa sekaligus promosi kekayaan intelektual Indonesia.
Setelah di awal tahun 2025 sukses mendorong kolaborasi livery “Ayo Naik Garuda” bersama Tahilalats, Kementerian Ekraf bersama Garuda Indonesia kembali memperkuat dukungannya terhadap pengembangan industri kreatif nasional.
Untuk HUT RI ke-80, desain “Cap Bali” menonjolkan motif tradisional nusantara sekaligus mendorong talenta muda berekspresi. Langkah ini sejalan dengan strategi Kemenekraf dalam menjadikan ekonomi kreatif the new engine of growth bagi Indonesia.
Direktur Utama Garuda Indonesia, Wamildan Tsani Panjaitan, menambahkan, sejak berdiri, Garuda berkomitmen menghadirkan inovasi sekaligus menjaga identitas bangsa.
“Livery khusus HUT ke-80 RI ini memadukan motif budaya nusantara dengan kreativitas anak bangsa, menjadi bukti nyata dukungan Garuda terhadap industri kreatif nasional,” kata Wamildan.
“Kolaborasi Garuda x Cap Bali menunjukkan bahwa brand lokal Indonesia bisa bersinergi dengan perusahaan nasional sekaligus mendukung talenta muda untuk berkarya di panggung yang lebih besar,” kata Putu Fitri Ertaningsih, Direktur dan Founder Cap Bali.
Erika Richardo menambahkan hasil kolaborasi ini menampilkan 16 suku di Indonesia, mewakili pulau-pulau dan destinasi wisata super prioritas.
“Kami berharap desain ini menumbuhkan rasa persatuan dan kebanggaan terhadap Indonesia, sekaligus menginspirasi generasi muda untuk terus berkarya dan melestarikan budaya,” ujarnya.