Follow Eventguide.id untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel
EVENTGUIDE.ID – ADGI (Asosiasi Desain Grafis Indonesia) Design Week 2025 yang berlangsung pada 19–23 November di Taman Ismail Marzuki (TIM), Jakarta menjadi pekan desain yang menjadi ruang temu kreator, pelaku industri, akademisi, dan masyarakat.
Menteri Ekraf Teuku Riefky yang resmi membuka gelaran ini menyebut acara ini sebagai momentum penguatan industri kreatif terutama subsektor desain yang menjadi salah satu kontributor penting dalam PDB (Produk Domestik Bruto) Ekraf.
“ADGI Design Week menunjukkan bagaimana kapasitas kreatif Indonesia terus berkembang. Kegiatan yang diselenggarakan ADGI ini penting untuk memacu pertumbuhan industri kreatif yang semakin pesat,” kata Menteri Ekraf Teuku Riefky
Mengusung tema Poliformat, ADGI Design Week 2025 menegaskan keberagaman praktik desain sebagai elemen strategis dalam penguatan ekosistem ekonomi kreatif.
Teuku Riefky juga melakukan visitasi ke sejumlah instalasi dan area pameran, termasuk museum tematik Museum DGI ‘Panggil Saja Saya Han’, pameran GRAFIS’ 25, Brand & Type, serta Sinestesia by ParagonCorp.
“Desain berperan sebagai infrastruktur komunikasi yang menyatukan gagasan, teknologi, dan inovasi industri,” ujarnya.
Sementara, Ketua Umum ADGI Ritchie Ned Hansel menekankan bahwa tema Poliformat merayakan keragaman ekspresi desain yang hadir dalam berbagai medium, dari visual digital hingga ruang publik.
“Ini momentum penting untuk menunjukkan kapasitas dan daya saing talenta muda Indonesia di tingkat global,” jelasnya.
ADGI Design Week 2025 menghadirkan tiga program unggulan yaitu pameran desain, rangkaian talkshow, dan lokakarya. Pameran desain mencakup GRAFIS’ 25, Museum DGI Panggil Saja Saya Han, Brand & Type, serta Sinestesia by ParagonCorp.
Di sisi lain, talkshow menghadirkan berbagai pemikiran dari praktisi desain, industri kreatif, dan akademisi.
Sementara itu, lokakarya seperti The Design Buffet Experience dan Transforma-type membuka ruang eksplorasi bagi publik dan desainer muda untuk mengembangkan keterampilan.
Penutup rangkaian, ADGI menyampaikan perkembangan ekosistem desain grafis nasional, termasuk tren visual terbaru, dinamika pasar kreatif urban, serta peluang bagi desainer Indonesia untuk memperkuat kehadiran di tingkat internasional.



















