Pameran Warisan kembali hadir bagi pecinta Wastra Indonesia dan karya adiluhung bangsa yang sarat akan tradisi dan kekayaan budaya Indonesia.
Pameran yang diselenggarakan PT Mediatama Binakreasi hadir pada tanggal 24-28 Agustus 2022 di Jakarta Convention Center (JCC) secara offline.
Pameran Warisan tahun ini mengusung tema “Batik Sekar Jagad” yang merupakan simbol kesatuan dan memiliki makna kuat dalam menghargai perbedaan serta keanekaragaman dalam sudut pandang keindahan.
Warisan 2022 sebagai media yang tepat untuk membangun dan meningkatkan brand awareness produk wastra terbaik serta mutiara asli Indonesia kepada pengunjung pameran.
Fokus produk yang ditampilkan dalam pameran ini meliputi Batik, Tenun, dan Mutiara Laut. Batik yang dikhususkan dalam pameran ini adalah batik tulis, batik kombinasi tulis & Cap serta Batik Cap yang diproses 100% menggunakan malam panas.
Adapun Tenun yang dipamerkan merupakan tenun asli ataupun songket Indonesia dan Mutiara asli Indonesia yang merupakan mutiara laut selatan atau south sea pearls.
Pameran ini diikuti oleh 125 peserta dengan jumlah stan terbangun sebanyak 132 stan, terdiri dari 115 stan peserta individu, 6 stan peserta Dinas dan 11 stan peserta BUMN. Warisan 2022 menargetkan 7500 pengunjung dengan nilai transaksi Rp15 Miliar.
Diikuti para perajin, produsen dan pengusaha Batik, Tenun, dan Mutiara, para Eksportir, Agen dan Distributor, para kolektor, Asosiasi & Komunitas, BUMN & BUMD, serta Dinas pemerintahan pusat maupun daerah
Selain pameran ada program-program menarik lainnya seperti acara pembukaan, Warisan Award, Drapping Competition untuk SMKN terpilih, Pertunjukan seni & budaya, Talkshow & Workshop, Quiz & Gimmicks.
Pengunjung dan Pembeli dimanjakan dengan showcase beragam produk kreatif, ikon menarik dan catchy dari tampilan Batik, Tenun, dan Mutiara asli Indonesia.
Dibagi menjadi tiga sesi waktu kunjungan Pameran Warisan dibuka setiap harinya. Pengunjung yang datang tidak dikenakan tiket masuk atau gratis apabila menggunakan batik, tenun atau mutiara sebagai aksesoris, atribut atau pakaian yang dikenakan.
Ada penerapan protokol CHSE (tracing dan pembatasan pengunjung) di segala lini kegiatan. Hal ini demi mendukung program pemerintah untuk adaptasi kebiasaan baru yang terintegrasi dengan aplikasi Peduli Lindung yang diberlakukan bagi seluruh stakeholder seperti panitia, peserta dan pengunjung pameran.
Pameran ini didukung Kementerian Perindustrian, Kementerian Pariwisata & Ekonomi Kreatif, Kementerian Perdagangan, Kementerian Koperasi & Usaha Kecil & Menengah, Dinas Perindustrian, Perdagangan dan KUKM Provinsi DKI Jakarta.
Selain itu juga didukung dan bekerjasama dengan asosiasi-asosiasi seperti Yayasan Batik Indonesia (YBI), Cita Tenun Indonesia (CTI), Asosiasi Budidaya Mutiara Indonesia (ASBUMI), Asosiasi Eksportir dan Produsen Handicraft Indonesia (ASEPHI), Dewan Kerajinan Nasional (DEKRANAS), Asosiasi Produsen dan Pengusaha Batik Indonesia (APPBI) dan Asosiasi Perusahaan Pameran Indonesia (ASPERAPI).
Untuk info lebih lengkapnya bisa membuka www.pameranwarisan.com, Instagram @pameranwarisan dan Facebook Warisan Exhibition