Program ‘Jom, Liburan ke Malaysia’ (Ayo, Liburan ke Malaysia) ini menawarkan berbagai paket wisata dan benefit istimewa kepada 2.871 travel agent anggota Travel Wholesale Center (TWC) dan Bukatravel.id.
‘Jom, Liburan ke Malaysia’ adalah sebuah program untuk mempromosikan destinasi Malaysia sebagai destinasi wisata yang aman dikunjungi (safe destination) yang menawarkan berbagai produk dan tarikan pelancongan seperti makanan, membeli-belah, destinasi percutian keluarga.
Campaign promosi business-to-business ini berlangsung selama tiga bulan, menawarkan berbagai paket wisata istimewa di berbagai destinasi kesukaan orang Indonesia seperti Kuala Lumpur, Genting Highland, Melaka, dan Penang. Paket yang ditawarkan dengan harga termurah mulai Rp1,9 juta untuk land tour dan Rp3,6 juta untuk paket wisata termasuk tiket pesawat.
Travel agent bisa mendapat cashback dari setiap booking yang dilakukan. Mulai dari Rp50 ribu untuk tiket pesawat, hotel dan tiket atraksi seperti legoland dan genting skyworld, dan Rp155ribu untuk setiap pembelian paket wisata. Harapannya travel agent anggota Travel Wholesale Center akan lebih aktif menjual paket wisata, hotel dan tiket atraksi di Malaysia kepada customer-customer mereka.
Direktur Tourism Malaysia Jakarta, Junus Suhid, dalam sambutannya, menjelaskan bahwa melihat kepada Malaysia yang sudah dibuka sepenuhnya untuk tujuan wisata, Tourism Malaysia mengambil peluang ini untuk bekerjasama dengan Amos Tour Indonesia, Travel Wholesale Center dan Bukatravel.id untuk semakin menarik minat wisatawan untuk datang ke Malaysia.
“Sesuai dengan SOP masuk ke Malaysia mulai 1 Augustus 2022, tidak perlu tes PCR, tidak ada lagi karantina, tidak perlu asuransi, dan tidak melihat status vaksinasi. Hanya perlu download dan register tracing mobile app “MySejahtera”. Jadi masuk Malaysia tidak ditanyakan lagi vaksin, tidak ditanya sudah booster atau belum,” kata Junus, dalam acara launching “Jom, Liburan ke Malaysia”, yang digelar di Jakarta, Rabu (2/11).
Tahun ini Malaysia menargetkan sebanyak 4,5 juta wisatawan internasional datang ke Malaysia. Indonesia merupakan market yang utama penyumbang angka kunjungan wisatawan terbesar setelah Singapura.
Sejak beralih ke fase endemik dan membuka pintu masuk pada 1 April 2022 sampai Juli 2022, Malaysia telah dikunjungi oleh 434 ribu wisatawan dari Indonesia. Angka ini dipercaya akan semakin bertumbuh seiring dengan semakin bertambahnya frekuesi penerbangan dan pembukaan rute baru penerbangan dari Indonesia ke Malaysia.