Mendorong kebangkitan dan kemajuan brand lokal, Asosiasi Lisensi Indonesia (ASENSI) kembali menggelar pameran The 3rd Indonesia Local Brands Expo pada 9-11 Desember 2022 di Marchand Hype Store, Bintaro, Tangerang Selatan.
Pameran ini menyuguhkan pameran lisensi, kemitraan dan waralaba merek lokal yang melibatkan berbagai industri. Di antaranya makanan, minuman termasuk restaurant, café, rumah makan, kecantikan, spa atau wellness, pendidikan, teknologi dan lain sebagainya.
Susanty Widjaya, Ketua Umum ASENSI, menuturkan pameran in diselenggarakan untuk terus mendukung Bangga Buatan Indonesia yang merupakan program pemerintah selama ini.
“ASENSI sangat memperhatikan bagaimana sebuah merek menjadi berharga dan bisa membawa manfaat ekonomi bagi pelaku usahanya. ASENSI terus menerus mengadakan edukasi tentang pentingnya sebuah merek, HKI, perlindungan HKI bagi pelaku usaha dan bagaimana memajukan lisensi merek Indonesia,” kata Susanty Widjaja saat opening ceremony The 3rd Indonesia Local Brands Expo, di Bintaro, Jumat (9/12/2022).
“Hal ini penting supaya masyarakat Indonesia lebih “aware”, lebih dapat mencintai merek lokal dan bangga menggunakan produk Indonesia. Kami bangga di tahun 2020 hanya ada lebih dari 72.000 merek yang terdaftar dan di tahun 2022 sudah lebih dari 1,5 juta merek yang terdaftar,” lanjutnya.
Semangat wirausaha dikatakan Susanty yang diarahkan dalam pameran ini adalah menghadirkan peluang usaha merek dan produk Indonesia termasuk kemitraan, lisensi dan waralaba merek lokal.
“ASENSI mendukung pemulihan perekonomian nasional dengan bergandengan tangan bersama dengan Kemenkum HAM , Kemenparekraf, Kemendag, dan Kemenkop dan UKM RI,” jelasnya.
“ASENSI sangat peduli perlindungan merek dan kemajuan lisensi Indonesia bisa mendominasi pasar dalam negeri,” imbuhnya.
Susanty pun berharap UMKM merek lokal juga bisa menembus pasar dunia. Pihaknya pun mengandeng Krista Exhibitions sebagai event organizer pameran berskala Internasional menyelenggarakan pameran Indonesia Local Brands Expo yang ke-3 ini.
Di tempat yang sama Christina Sudjie selaku CMO Krista Exhibitions mengatakan Krista Exhibitions menyambut antusias pameran Indonesia Local Brands Expo 2022 yang ke-3.
“ini menjadi momentum untuk para pebisnis, pengusaha lisensi termasuk franchise, kemitraan, dan para start up UMKM untuk membangkitkan gairah mencintai merek lokal dan bangga menggunakan produk Indonesia” tandasnya.
Penyelenggaraan The 3nd Indonesia Local Brands Expo 2022 ini juga mendapat dukungan dari Kementerian Perdagangan Republik Indonesia.
Dr. Ir. Kasan, M.M Plt Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Kementerian Perdagangan Republik dalam sambutannya mengapresiasi terselenggaranya Pameran ILBE ke-3.
“Melalui kegiatan ini diharapkan akan menjaring para pelaku usaha potensial untuk menjalankan usahanya melalui model bisnis Waralaba. Selain itu dapat mewujudkan peningkatan pemahaman pelaku usaha dalam menjalankan kegiatan usahanya sesuai dengan koridor ketentuan yang berlaku,” ujar dia.
“Kami mengucapkan selamat dan sukses kepada Asosiasi Lisensi Indonesia (ASENSI) berkolaborasi dengan PT Krista Exhibitions yang telah berhasil menyelenggarakan Pameran ILBE Ke-3 sebagai salah satu bentuk dukungan terhadap programprogram Pemerintah,” sambungnya.
ASENSI di dalam the 3rd Indonesia Local Brands Expo 2022 juga mengadakan Talk Show bersama Kemendag RI, Krista Exhibitions dan Marchand bertemakan “ Gerakkan Cinta Merek Indonesia dalam Lisensi dan Waralaba Merek Lokal”.
Talk show ini menyemangati dan membangkitkan agar masyarakat Indonesia dan para wirausaha lebih mencintai merek Lokal dan Waralaba Merek Lokal yang bisa mendunia atau global.
“Berkembangnya lisensi di Indonesia terbukti telah menjadi salah satu mesin ekonomi Indonesia terutama dalam hal penciptaan wirausaha dan lapangan kerja. Adanya lisensi ini sangat penting bagi perekonomian dan pemulihan ekonomi Indonesia,” kata Susanty.
ASENSII berharap semangat dan kontribusi nyata ini dapat membantu menggairahkan semangat para pelaku usaha merek lokal untuk bangkit kembali dan bergairah kembali.
“Pastinya juga membantu pemerintah dalam memulihkan roda perekonomian Indonesia tercinta agar ekonomi Indonesia bisa bangkit kembali dan membantu pemulihan ekonomi nasional untuk Indonesia Maju,” pungkasnya.