Grand Inna Malioboro Yogyakarta merupakan salah satu hotel legendaris bintang 4 yang dikelola oleh Hotel Indonesia Group (HIG) terus memberikan pelayanan prima untuk tamu yang menginap.
Tak urung, hotel yang berlokasi tepat di jantung Kota Yogyakarta ini selalu berinovasi dalam pelayanan dengan mengusung keramahtamahan asli Indonesia. Karena, hotel yang berada di Jalan Malioboro Yogyakarta ini memiliki nilai sejarah sangat tinggi dan lebih dari 11dekade telah memberikan warna di dunia pariwisata Indonesia, sebagai pionir di dunia perhotelan yang mengangkat keramahtamahan dan budaya Indonesia dengan pelayanan bertaraf Internasional. Sebagai salah satu hotel di kawasan Malioboro yang memiliki bangunan berkonsep heritage dan juga merupakan hotel cagar budaya yang bagus untuk dilestarikan, Grand Inna Malioboro selalu mengedepankan tradisi, sejarah, serta nilai budaya Jawa, khususnya budaya Yogyakarta dengan memberikan pengalaman dan kesan tersendiribagi tamu dan wisatawan domestik maupun mancanegara yang menginap.
Hotel yang berdiri sejak 1908 ini telah membawa peran penting yang menyatu dengan Daerah Istimewa Yogyakarta, karena merupakan hotel bersejarah yangmenjadi saksi bisu berdirinya kota Yogyakarta.
Tak hanya itu, hotel cagar budaya ini telah merenovasi bangunan dan terus meningkatkan fasilitas yang berpacu dengan modernitas tanpa meninggalkan arsitektur bersejarah.
Perubahan nama pun sudah dilakukan, mulai dari Grand Hotel De Djogja, Hotel Asahi, Hotel Merdeka, Hotel Garuda, Natour Garuda, Inna Garuda dan Grand Inna Malioboro. Dan saat ini, memasuki tahap renovasi secara menyeluruh untuk ditingkatkan menjadi hotel bintang 5 dengan merek ‘Meru’, salah satu merek hotel milik HIG.
Selama proses renovasi tersebut, operasional hotel untuk sementara ditutup mulai tanggal 5 Januari 2023 hingga 15 bulan ke depan, dengan mengutamakan renovasi dan perbaikan pada sistem MEP (Mechanical, Electrical, Plumbing). Tahap renovasi ini pun dilakukan untuk meningkatkan fasilitas sebagai hotel heritagedengan interior dan exterior nan elegan, mewah, dan indah, yang menjunjung nilaibudaya Jawa, khususnya Yogyakarta, dengan tetap mempertahankan nilai sejarah.
Diharapkan setelah tahap renovasi selesai dilakukan, dapat lebih memenuhikebutuhan akan kamar dan MICE (Meetings, Incentives, Conventions and Exhibitions) di wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta, seiring dengan meningkatnya jumlah kunjungan wisatawan, baik domestik maupun mancanegara yang berkunjung ke Yogyakarta.
Sampai bertemu kembali dengan wajah dan tampilan baru, hotel bintang 5 dengan merek Meru.
HIG adalah pionir jaringan hotel dengan standar internasional di Indonesia.
HIG mengelola beberapa hotel berbintang yang tersebar di seluruh Indonesia dan terus berkomitmen untuk mempertahankan visi tim yang panjangdengan terus memberikan pelayanan hotel dan pariwisata terbaik. Mengusung keragaman, keunikan dalam satu kesempurnaan keramahan Indonesia.
HIG merupakan anak perusahaan BUMN yang berkembang menjadi hotel operator untuk jaringan hotel milik BUMN di Indonesia dan memiliki tiga brand mulai dari hotel bintang tiga sampai bintang lima.
Meru adalah brand hotel bintang lima, merupakan brand tertinggi yang dioperasikan HIG. Truntum merupakan brand hotel bintang empat. Sedangkan, Khas merupakan brand hotel bintang tiga. Selain tiga brand tersebut, HIG juga mengelola hotel dengan brand lainnya seperti Grand Inna, Inna, Jatiluhur Valley & Resort, Cordia Hotel Banjarmasin dan The Patra Bali Resort & Villas.
Grand Inna, salah satu brand perhotelan bintang empat memberikan layanan berkualitas ciri khas Indonesia yang menjadi panutan dalam dunia industri pariwisata Indonesia, memiliki keunggulan berlokasi strategis di tengah kota di mana Grand Inna berada. Kemudian, brand Inna menyediakan kamar lebih luas dibandingkan dengan hotel bintang tiga lainnya dengan lingkungan yang nyaman.
HIG telah mengoperasikan 30 hotel yang tersebar di Indonesia dengan 4.351 kamar. Sebagaimana selalu berkomitmen kepada para pebisnis dan wisatawan, HIG memilikisuatu misi untuk menjadi yang terdepan dalam pelayanan pelanggan dengan memberikan pengalaman pelanggan dengan sentuhan hotel asli Indonesia.