PT Aviasi Pariwisata Indonesia (Persero) atau InJourney resmi merilis harga tiket untuk ajang KOPIKO F1Powerboat Danau Toba Indonesia 2023.
Harga yang ditawarkan beragam, mulai dari puluhan hingga ratusan ribu yang disesuaikan dengan agenda KOPIKO F1Powerboat Indonesia yang akan berlangsung pada 25-26 Februari 2023 mendatang.
Direktur Pemasaran dan Program Pariwisata InJourney, Maya Watono, mengatakan tiket sudah dapat dibeli mulai Selasa, 7 Februari 2023 melalui Loket.com sebagai official ticketing platform.
“Bagi masyarakat yang ingin menonton langsung dari race venue di Lapangan Sisingamangaraja, kami menyediakan 2000 tiket Grandstand. Kami juga menawarkan 1500 tiket Public Viewing di Bukit Pahoda dengan harga yang lebih murah,” ujar Maya pada saat online press conference (3/2).
Tiket KOPIKO F1Powerboat terdiri dari beberapa kategori, yakni Grandstand A, B, C dan Public Viewing. Tiket kelas Grandstand bisa dibeli dengan harga Rp500.000. Penonton juga bisa mendapatkan harga yang terjangkau yaitu tiket Public Viewing dengan harga Rp50.000.
Di kategori Grandstand, lokasinya di lapangan Sisingamangaraja di Kawasan Pelabuhan Mulia Raja Napitupulu dan berdekatan dengan paddock memungkinkan penonton dapat melihat lebih dekat para pembalap.
Sementara di kategori Public Viewing mengusung tema piknik karena terletak di bukit sehingga penonton dapat menyaksikan balapan dari beberapa layar tambahan yang disiapkan dengan pemandangan Danau Toba yang begitu indah dari atas bukit.
Semua tiket berlaku selama akhir pekan atau weekend pass yang bisa dipakai pada tanggal 25-26 Februari atau 2 days pass.
“Jadi bagi yang sudah membeli tiket bisa langsung menikmati seluruh rangkaian acara dari awal hingga akhir. Mulai dari agenda sesi latihan bebas (free practice) dan kualifikasi di hari Sabtu, sampai race berlangsung di hari Minggu,” tambah Maya.
Nantinya, rangkaian acara balapan ini akan turut dimeriahkan oleh berbagai pertunjukan street act, artis lokal dan Ibukota, pertunjukan water show, serta tari-tarian daerah. Tidak hanya itu, InJourney juga menggandeng berbagai UMKM lokal yang terdiri dari produk fashion, food and beverages, snack, oleh-oleh, dan sebagainya.
Acara tersebut dibuat dengan tujuan untuk memperkenalkan potensi negara Indonesia dengan mempromosikan pariwisata di Indonesia dan juga produk-produk lokal.
Maya menambahkan, dari pergelaran KOPIKO F1Powerboat ini, perputaran ekonomi yang terjadi diestimasikan dapat mencapai Rp200 miliar.
“Ada dampak multiplier effect ekonomi lokal dari permintaan amenitas termasuk akomodasi, transportasi, dan UMKM. Kita berharap, sampai dengan tahun 2028, acara ini akan terus meningkatkan ekonomi di Danau Toba dan sekitarnya,” tutup Maya.
Indonesian Journey atau InJourney adalah BUMN Holding Industri Pariwisata dan Pendukung yang beranggotakan PT Angkasa Pura I, PT Angkasa Pura II, PT Hotel Indonesia Natour, PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan, & Ratu Boko, dan PT Sarinah berdasarkan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 104 Tahun 2021 tentang Penyertaan Modal Negara Republik Indonesia ke Dalam Modal Saham Perusahaan Perseroan (Persero) PT Aviasi Pariwisata Indonesia. In pada nama ini berasal dari kata “Indonesia” dan integrated untuk menekankan posisi holding sebagai milik anak bangsa. Tak hanya itu, “In” juga berangkat dari kata “inbound” yang berarti turis datang yang merepresentasikan harapan dari apa yang akan dicapai oleh holding ini. Nama ini memiliki dua arti, yaitu “in a journey” atau berada dalam perjalanan dan “Indonesia journey” atau pengalaman perjalanan khas Indonesia.