China International E-commerce Industry Expo and Indonesia E-commerce Product Sourcing Exhibition (CIEIE EPSE 2023) digelar pada 25-27 September 2023 di JIExpo Kemayoran, Jakarta.
Pameran yang diselenggarakan oleh CCPIT Commercial Sub-council dan CCOIC Commercial Chamber of Commerce merupakan event pameran e-commerce terbesar yang melibatkan lintas batas.
Secretary of CPC Branch of CCPIT Commercial Sub-council Ren Guiying mengatakan, sebagai pameran bertema e-commerce pertama di Indonesia, CIEIE dan EPSE bertujuan untuk menggunakan industri e-commerce lintas negara sebagai pintu masuk.
Di sini untuk mempromosikan kerja sama antara Tiongkok dan Indonesia serta Tiongkok dan negara-negara ASEAN pertukaran ekonomi dan perdagangan multilateral dan bilateral di kawasan.
“Dengan luas total seluas 10.000 meter persegi, pamerannya mencakup teknologi cerdas, gaya hidup butik, perawatan pribadi dan kecantikan, department store rumah tangga, perlengkapan hewan peliharaan, mainan ibu dan bayi, suku cadang mobil dan sepeda motor, peralatan kantor dan bahan habis pakai, makanan dan produk pertanian serta energi baru, perlengkapan luar ruangan,” kata Ren Guiying.
“Ada 12 kategori utama tekstil, dengan lebih dari 200 pabrik berkualitas tinggi. platform e-commerce, penyedia layanan lintas batas, streaming langsung dan organisasi MCN dari Tiongkok, Hong Kong, Indonesia, Malaysia, dan negara lain dan daerah yang berpartisipasi dalam pameran,” lanjutnya.
Ia berharap pameran ini dapat sepenuhnya memainkan perannya dalam memimpin perusahaan-perusahaan dari kedua negara untuk mendorong peningkatan perkembangan e-commerce antara Tiongkok dan Indonesia serta berkontribusi pada perkembangan ekonomi dan perdagangan kedua belah pihak.
Presiden ICBC Ali Husein mengungkapkan pada pameran ini, pihaknya menandatangani perjanjian kerja sama (MoU) dengan CCPIT Cabang Jiangsu dan Komite CCPIT Qinhuangdao
Semetara itu President PT Global Eagle Indonesia & PT AKS Abraham Rudy mengatakan dirinya menyambut semua peserta pameran Tiongkok ke Indonesia untuk menjalin hubungan kerja sama.
“Bisnis utama perusahaan kami adalah impor dan investasi, dan kami memiliki kerja sama jangka panjang dengan perusahaan Tiongkok,” ujarnya.
Dia mengatakan bahwa Indonesia adalah negara yang hebat dengan jumlah penduduk yang besar, sumber daya alam yang sangat kaya, lingkungan investasi yang baik, dan potensi pasar yang besar.
Tiongkok memiliki kemampuan produksi industri yang kuat, dan produk buatan Tiongkok sangat populer di Indonesia. Dilihat dari keunggulan kedua negara, potensi kerja sama sangat besar.
“Kami menyambut Anda untuk berkomunikasi lebih lanjut dengan kami, menciptakan peluang kerja sama, dan berkontribusi pada peningkatan hubungan perdagangan antara kedua negara berdasarkan kerja sama yang saling menguntungkan,” ujar Abraham Rudy.