Follow Eventguide.id untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel
EVENTGUIDET.ID – Terhitung untuk pertama kalinya P&G dan Grab Indonesia berkolaborasi dalam kampanye Kalem Pakai Helm .
Maithreyi Jagannathan General Manager, P&G Consumer Health Care dalam GrabAds CMO Circle Indonesia mengatakan P&G telah beroperasi di Indonesia selama lebih dari 30 tahun, dimana kebutuhan konsumen selalu menjadi fokus utama.
Pihaknya berkomitmen untuk menghadirkan produk yang aman serta berkualitas tinggi yang memenuhi kebutuhan konsumen dan meningkatkan kualitas hidup mereka.
“Di samping produk yang unggul, kami juga senantiasa berfokus pada inovasi untuk mengeksplorasi platform baru untuk memperkuat merek kami di berbagai saluran,” kata Maithreyi di Jakarta.
Di P&G, lanjut Maithreyi terus berupaya memahami dan beradaptasi dengan kebiasaan dan kebutuhan konsumen, termasuk kebiasaan mereka dalam mengakses informasi dan mengkonsumsi media.
“Di sinilah mengapa penting untuk menyusun strategi saluran yang terintegrasi, sebagai langkah awal dalam membangun atau memperkuat brand awareness,” ujarnya.
Ia menambahkan pihaknya menganalisis perjalanan dan pengalaman konsumen dalam berbagai saluran media, mulai dari media apa saja yang mereka gunakan, informasi apa saja yang mereka cari, dimana mereka membeli produk, serta bagaimana proses pembelian tersebut berlangsung.
Maithreyi menjelaskan mengenai bagaimana P&G memanfaatkan ekosistem yang prosesnya berdampak maksimal yang menarik dari Indonesia adalah banyaknya insight lokal dari berbagai konsumen.
“Saya ingin membahas secara singkat mengenai sebuah kampanye dari salah satu merek sampo kami. Head & Shoulders dengan tajuk #KalemPakeHelm. Yang juga kami perkuat melalui kerjasama dengan Grab, dam kami kembangkan berdasarkan insight lokal,” jelasnya.
Dari data yang diperoleh menunjukkan bahwa ada sekitar 70 persen populasi warga Indonesia yang mengalami permasalahan kulit kepala, namun hanya 40 persen dari mereka yang telah menggunakan produk anti ketombe.
“Tidak hanya itu, kami juga melihat bahwa terdapat sekitar 140 juta unit kendaraan bermotor di Indonesia, dimana para pengemudi tersebut juga rentan mengalami permasalahan kulit kepala. Hal ini lah yang menjadi titik awal P&G dalam menginisiasi kampanye #KalemPakeHelm,” bebernya.
Kampanye #KalemPakeHelm sendiri ditujukan pada pengemudi sepeda motor yang menggunakan helm dalam waktu lama juga terpapar sinar matahari, keringat, bahkan polusi yang membuat mereka berisiko lebih tinggi mengalami masalah kulit kepala.
“Ini merupakan peluang yang tepat bagi sebuah merek untuk memenuhi kebutuhan konsumen. Fokus kami adalah pada insight lokal dan pemahaman tentang perilaku konsumen di Indonesia,” ucapnya.
Maithreyi mengungkapkan kemitraan dengan Grab juga membuat pihaknya mampu memanfaatkan berbagai platform untuk menjangkau audiens yang lebih luas. Sehingga, tidak hanya dengan konten di YouTube, tetapi kampanye ini juga menjangkau lebih banyak konsumen melalui kemitraan dengan banyak Key Opinion Leader (KOL) dan influencer untuk menciptakan konten yang relevan, khususnya yang ditujukan bagi pengemudi sepeda motor.
“Kami juga bekerja sama dengan Grab di semua platform untuk menjangkau konsumen kami. Kami juga memanfaatkan fitur GrabAds, sehingga para konsumen juga dapat langsung membeli produk P&G melalui GrabMart,” tuturnya.
Selain itu, P&G juga turut membagikan 10.000 produk Head & Shoulders Lemon Fresh Wangi Baru dan 1.700 helm kolaborasi secara spesial kepada para mitra pengemudi Grab.
Perencanaan ini kata Maithreyi, secara menyeluruh di ekosistem ini memberikan kesempatan bagi merek kami untuk hadir di berbagai situasi yang dialami oleh para pengemudi sepeda motor.
“Kami telah menciptakan banyak pengalaman unik dan produk kami mendapatkan dukungan yang kuat dari masyarakat, disertai dengan banyaknya sentimen positif, sehingga kampanye ini juga berhasil meraih penghargaan eksternal,” pungkasnya.