Follow Eventguide.id untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel
EVENTGUIDE.ID – Indonesia Outdoor Festival (Indofest) atau gelaran bazar perlengkapan kegiatan outdoor (luar ruangan) dari produk dalam dan luar negeri mulai berlangsung dari tanggal 12-15 Juni di Hall B, JICC, Senayan, Jakarta.
Hadir dalam acara pembukaan Indofest 2025, Chief Executive Officer COS Event Disyon Toba, Ketua Umum FPTI: Yeni Wahid, Menteri Kehutanan: Raja Juli Antoni, dan Menteri UMKM, Maman Abdurrahman.
Disyon Toba dalam sambutannya mengatakan Indofest merupakan “Lebaran Anak Outdoor” yang tahun ini digelar dengan melibatkan ada 139 jenama yang terdiri dari 104 brand lokal dan 54 brand luar.
”Indofest 2025 kali ini kembali menghadirkan berbagai produk baru, lebih dari 20 brand lokal baru yang baru pertama hadir di Indofest. Dan masih banyak lagi produk-produk yang menghadirkan diskon menarik produk dari brand-brand outdoor dalam dan luar negeri,” ujar Disyon di Jakarta, Kamis (12/6/2026).
Ia menjelaskan saat ini dunia outdoor sudah semakin digemari masyarakat Indonesia, hal ini ditandai dengan semakin banyaknya kegiatan luar ruangan dan banyak kegiatan olahraga di setiap pekan.
”Yang menarik saat ini, dunia trail run semakin banyak diminati masyarakat. Banyak event-eventnya berjamur di setiap daerah.” kata Disyon.
Disyon juga mengajak para pengunjung yang datang untuk mengurangi sampah dengan cara tidak membeli air kemasan, dan membawa botol minum sendiri serta tidak menggunakan kantong plastik.
”Sampah plastik menjadi sesuatu yang terus didengungkan di Indofest 2025 ini. Lantaran masih banyak kita lihat sampah-sampah plastik di destinasi wisata, pegunungan hingga laut. Kami berpikir kampanye ini tetap kami serukan agar semakin tingginya kesadaran masyarakat akan sampah plastik.” ujarnya.
Sementara Menteri UMKM, Maman Abdurahman menyampaikan industri peralatan outdoor lokal yang ditopang oleh para pengusaha UMKM saat ini semakin kompetitif dengan produk yang kian berkualitas dan mampu bersaing dengan produk buatan luar negeri.
“Ini artinya produk lokal tidak kalah hebat, tak heran jika Indofest didominasi oleh produk lokal. Hal ini karena produsen lokal, termasuk UMKM, menguasai sekitar 75,1 persen pangsa pasar peralatan dan perlengkapan mendaki,” ujar Maman.
Menhut Raja Juli Antoni dikesempatan yang sama mengungkapkan kegiatan outdoor di Indonesia semakin berkembang. Hal ini secara otomatis membuat industri peralatan atau perlengkapannya juga berkembang, dan sejalan dengan semangat pariwisata keberlanjutan.
”Kegiatan outdoor memang tergolong niche atau spesifik, tapi setiap tahun pegiatnya semakin berkembang dan aktivitasnya makin beragam. Hal ini juga harus diimbangi dengan tanggung jawab para pegiatnya untuk menjaga alam, sesuai dengan semangat pariwisata berkelanjutan,” ujar Raja Juli Antoni.
Project Director Indofest 2025 Niken Saraswati Ratnaningtyas menjelaskan, tema yang diangkat tahun ini “More Outdoor More Colaboration” yang mana Indofest 2025 berkolaborasi selain dengan jenama dan brand juga berkolaborasi dengan 31 komunitas. Tidak hanya komunitas mountenering saja tetapi juga komunitas kegiatan luar ruang lainnya.
”Kami merangkul berbagai komunitas untuk sharing informasi terkait kegiatan luar ruang. Sementara itu, dukungan dari pemerintah juga hadir. Seperti dari Kementerian UMKM, Kementerian Kehutanan, Kementerian Pariwisata dan Kementerian Pemuda dan Olahraga,” ujarnya.
Niken juga mengatakan, Event ini akan menghadirkan banyak jenama, pertunjukan, kegiatan, komunitas, dan workshop sehingga akan memperkaya pengetahuan terkait kegiatan outdoor.
”Harapannya makin banyak generasi muda yang mengerti dan memperdalam lagi keilmuan saat melakukan aktivitas luar ruang di Indonesia. Dahulu kita saat ingin berkegiatan outdoor kita belajar ilmunya, mulai dari navigasi, survival, tali temali, ilmu mendirikan tenda hingga search and rescue. Untuk itu, Indofest menghadirkan komunitas-komunitas yang hadir untuk berbagi ilmu-ilmu untuk berkegiatan luar ruang.” katanya.
Niken juga menjelaskan akan banyak promosi yang ditawarkan oleh brand saat Indofest kali ini, salah satunya adalah diskon produk mencapai 50-70 persen.
Adapun merek perlengkapan aktivitas outdoor di Indofest 2025 meliputi Consina, Eiger, Rei, Altitude Gear, Garmin, Alltrek, Outfrai, Polygon masih banyak lagi.
Harga tiket masuk Indofest 2025 dibanderol Rp 60.000 per orang untuk satu hari. Tiket masuk Indofest 2025 bisa dibeli melalui aplikasi Indofest.