Sebagai bentuk kepedulian terhadap Individu Berkebutuhan Khusus (IBK) dalam hal ini individu penyandang autisma serta turut memperingati Hari Peduli Autisme Sedunia, ARTOTEL Group berkolaborasi dengan MATALESOGE Hospitablelity Academy menyelenggarakan Autism Day at ARTOTEL. Acara digelar pada Sabtu (13/5) di ARTOTEL Thamrin, Jakarta.
Dengan mengambil tema “Pulasan Rupa Gerak, Lukis, Karya Jiwa”, kegiatan yang juga didukung oleh Yayasan Autisma Indonesia (YAI) ini memiliki serangkaian acara yang terdiri dari kegiatan Talkshow, Workshop Seni, Pameran Seni Lukis, Penampilan musik serta Fashion Show yang bertujuan memberikan edukasi terkait Pemberdayaan Kemampuan & Keterampilan para IBK.
Acara yang berlangsung mulai pukul 10.00 WIB hingga pukul 15.00 WIB ini dimulai dengan sesi talkshow yang mengambil tema “Melihat Peluang Bekerja Individu Berkebutuhan Khusus” dengan mengundang para narasumber yang terdiri dari para IBK yang berprestasi seperti Patrick Wiragalih penyandang Autisme yang bekerja sebagai Guru EF dan Trainer di Matalesoge HospitABLElity Academy, Nadhif RR penyandang autisme yang bekerja sebagai Barista, Ananta Kandaka penyandang Asperger yang bekerja sebagai Kepala Sekolah Jayaplus Montesori, Yumiko Santoso selaku Orang Tua dari IBK, serta Taufik Hidayat perwakilan dari Yayasan Autisma Indonesia.
Kegiatan workshop seni dibawakan oleh Safrie Effendi dengan mengambil tema “Teori Warna.”
Selain itu, diselenggarakan juga pameran seni yang menampilkan karya seni dari 10 IBK yang terdiri dari Diego Luister Berel, Anugerah Fadli, Fardha A Affandi, Diaz Affandi, Ruben Rayhan Rotty, Audrey Angesti, Anfield Wibowo, Andra Naladira, Aziza Mischa Azalia dan Indhy Mutiarahmah.
Acara semakin meriah dengan sajian musik yang ditampilkan oleh para IBK serta kegiatan fashion show dan Bazar dengan menampilkan karya Fashion dari IBK yang memiliki brand Cute Monster.
“Kegiatan ini kami selenggarakan sebagai bagian dari aksi sosial ARTOTEL Group dalam menjalankan program ESG (Environment, Social, Good Governance) yang dicanangkan perusahaan sejak awal tahun 2022, dimana kami menjalin kerjasama dengan MATALESOGE Hospitablelity Academy untuk menunjukkan kepedulian kami kepada IBK dengan menjadikan jaringan hotel kami sebagai hotel yang ramah untuk IBK dan juga memberi tempat untuk mereka mengasah kemampuan dan keterampilan sosialnya. Dengan rangkaian kegiatan yang diselenggarakan pada hari ini, Kami berharap dapat memberikan inspirasi kepada masyarakat agar kita dapat hidup berdampingan dengan IBK dan memberi kesempatan yang sama kepada mereka dalam berkarya dan berprestasi. Tidak lupa kami ucapkan terima kasih kepada Yayasan Autisma Indonesia yang sudah memberikan dukungan atas terselenggaranya acara ini,” kata Yulia Maria, Director of Marketing Communications ARTOTEL Group.
Tommy Hermanses, CEO MATALESOGE Special Needs Service ikut menambahkan “Pemberdayaan adalah nilai murni yang harus ‘ditularkan’ dengan melalui wadah dan komunitas yang mempunyai visi kemanusiaan yang sama. Setiap individu, komunitas maupun instansi yang peduli akan inklusifitas akan selalu bergandengan tangan untuk memberikan kesempatan dalam kesetaraan. Dengan acara ini, kami berharap semakin banyak instansi lebih peduli dan mengerti akan dunia inklusifitas. Terima kasih untuk ARTOTEL Group sebagai ‘pioneer’ di industri hospitality dalam pemberdayaan program ini.”
ARTOTEL Group adalah manajemen operator hotel Indonesia yang mengintegrasikan 4 unit bisnis, Hotel (Stay), Food & Beverages (Dine), Event Management (Play), & Curated Merchandise (Shop).
ARTOTEL Group menawarkan berbagai pilihan akomodasi dari hotel ekonomis, butik, kelas menengah hingga hotel mewah untuk memenuhi kebutuhan akomodasi dari semua target market.
Memiliki berbagai pilihan brand, ARTOTEL, DAFAM, MAXONE, dan Brand Waralaba KYRIAD dengan jumlah lebih dari 100 hotel dan 10.000 kamar tamu yang tersebar di seluruh Indonesia.
Di bidang Food & Beverage, ARTOTEL Group menyediakan jasa pengelolaan Restoran, Bar, dan Beach Club.
Melalui Event Management, ARTOTEL Play dan Curated Merchandise dengan brand MART, ARTOTEL Group memiliki visi memajukan industri kreatif Indonesia dengan mendukung para seniman muda untuk berkarya melalui kolaborasi yang diciptakan berupa kegiatan pameran, pertunjukan, workshop, dan produksi merchandise berkarakter seni yang dapat dipakai sehari hari dengan harga terjangkau.
Untuk memberikan penghargaan kepada para tamu, ARTOTEL Group memiliki program loyalti ARTOTEL Wanderlust dengan memberikan keuntungan lebih buat para tamu yang mendaftar sebagai anggota ARTOTEL Wanderlust, antara lain potongan harga kamar maupun F&B hingga 50%, serta mendapatkan reward point. ARTOTEL Wanderlust dioperasikan melalui aplikasi digital yang dapat diunduh melalui sistem aplikasi IOS dan Android dengan pendaftaran secara cuma-cuma dan mudah.
Brand ARTOTEL: ARTOTEL, ARTOTEL Suites, ARTOTEL Curated, ARTOTEL Portfolio, ARTOTEL Casa, ARTOTEL Villa, Rooms Inc, Bobotel. Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Semarang, Surabaya, Medan, Batam, Bali.
Brand DAFAM: Grand Dafam Signature, Grand Dafam, Hotel Dafam, Dafam Express, dan Dafam Collections. Jakarta, Bandung, Jawa Tengah, Yogyakarta, Semarang, Jawa Timur, Bali, Lombok, Pekanbaru, Kalimantan Selatan, & Sulawesi Selatan.
Brand MAXONE: MAXONE, NITE & DAY, ZIA, RUMA RUMA, MARC, ONE OF A KIND. Jakarta, Anyer, Ambon, Bali, Batam, Bintan, Balikpapan, Bekasi, Belitung, Bogor, Boyolali, Jayapura, Lombok, Malang, Makassar, Palembang, Sabang, Semarang, Surabaya, Tangerang, Yogyakarta.
Brand Waralaba KYRIAD: Jakarta, Aceh, Sumatera Barat, Kalimantan Timur, Sulawesi Selatan, Papua.
F&B Outlets: Double Chin, Lidah Lokal, ROCA, BART, BISTRO de Braga, B10 CAFÉ, Fat Elephant, 11/12 Rooftop Bar, Sixty Restaurant, Rhythm Room, Slide Bar, Terra All Day Dining, Barley & Barrel, One Deck Gastropub, La Gazette, Posana All Day Dining, and Tip Tap Toe Day Club. Day Club.