Follow Eventguide.id untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel
EVENTGUIDE.ID – Dukungan nyata dari Kemenekraf/Bekraf menjadi kunci kesuksesan film animasi Jumbo menembus pasar internasional.
Menekraf Teuku Riefky Harsya menyatakan Jumbo merupakan contoh nyata karya animasi lokal yang mampu bersaing di pasar global.
“Kita tidak hanya menyambut peluncuran sebuah film, tetapi juga merayakan salah satu pencapaian besar industri animasi Indonesia. Jumbo adalah bukti nyata bahwa industri kreatif Indonesia semakin kuat, inovatif, dan siap bersaing di tingkat global,” ujar Riefky.
Kemenekraf telah memberikan dukungan penuh terhadap produksi film animasi Jumbo sejak tahap awal, termasuk sebelum trailer resmi diluncurkan. Dukungan ini sejalan dengan arahan Presiden RI Prabowo Subianto, melalui Bappenas, untuk memperkuat ekosistem animasi Indonesia.
“Kami hadir sebagai jembatan antara para pelaku ekonomi kreatif dengan mitra-mitra strategis, agar pengembangan tiap subsektor dapat berjalan lebih efektif dan berkelanjutan,” jelasnya.
Selain itu, sejalan dengan expert survey yang Kemenekraf lakukan pada tahun 2024, subsektor Film, Animasi, dan Video (FAV) diprediksi menjadi salah satu sektor dengan pertumbuhan tercepat.
“Ini dibuktikan pada 2024 jumlah penonton film Indonesia mencapai rekor 82 juta penonton, melampaui capaian di 2023 sebesar 54 juta penonton. Momentum ini harus dimanfaatkan untuk mendorong lebih banyak karya lokal agar bisa menembus pasar internasional,” jelasnya.
Keberhasilan Jumbo menembus pasar internasional tidak hanya menjadi pencapaian bagi satu film, tetapi juga bukti bahwa talenta animasi Indonesia mampu menciptakan karya berstandar global.
“Kami percaya bahwa industri animasi di Indonesia memiliki potensi besar untuk berkembang. Oleh karena itu, kami mendukung penuh para animator dan pelaku industri untuk terus menciptakan karya yang kompetitif dan berdaya saing di pasar global,”ujar Menekraf Riefky.
Visinema Studios mengapresiasi langkah konkret Kemenekraf yang membantu Jumbo dari tahap awal hingga eksekusi. Keberhasilan ini membuktikan bahwa talenta animasi Indonesia mampu bersaing di tingkat global, didukung Kemenekraf untuk terus memajukan industri kreatif tanah air.
Founder and Group CEO Visinema, Angga Dwimas Sasongko mengatakan sebagai kreator sangat bersyukur dan terima kasih terhadap Kementerian Ekonomi Kreatif saat ini yang sangat responsif dan inisiatifnya sangat luar biasa.
“Pak Riefky, Bu Irene, beserta tim enggak hanya memberikan janji manis, tetapi kita mendapat dukungan nyata sehingga Jumbo bisa menjangkau dengan sangat luas, mulai dari brainstorm hingga eksekusi. Karena kuncinya bagaimana IP ini bisa dikenal secara luas sehingga kita bisa memenangkan market kita sendiri. Dan apa yang dilakukan Kemenekraf membuat itu jadi mungkin hari ini,” ungkap Angga Dwi Sasongko.
Film animasi Jumbo tidak hanya akan tayang di dalam negeri, tetapi juga akan tayang di 17 negara seperti Turki, Mongolia, Rusia dan beberapa negara Eropa.
Group President Visinema dan CEO Visinema Studios, Herry B. Salim menyebut pencapaian ini sebagai langkah awal bagi industri animasi Indonesia untuk menciptakan evergreen intellectual property (IP) yang diakui secara global.
‘Mungkin sudah banyak yang tahu kalau kita bicara evergreen IP seperti Toy Story, Frozen, dan lain sebagainya, di mana itu semua milik IP luar negeri, dan Indonesia belum sampai mempunyai itu.
“Harapannya semoga Jumbo ini menjadi langkah awal untuk Indonesia mempunyai evergreen IP yang nantinya bukan hanya menjadi tuan rumah di Indonesia tetapi juga bisa didengar di mancanegara,”lanjutnya.
Film ini resmi dirilis dan siap tayang di seluruh bioskop Indonesia pada momentum libur Lebaran 2025.